Perbedaan Buah, Sayur, dan Umbi

Kita semua pasti pernah mengonsumsi buah, sayur, dan umbi seperti tomat, wortel, kacang panjang, cabai, ketela, dan masih banyak lagi. Tetapi, tahukah kamu ternyata sebagian besar dari kita tidak tahu perbedaannya apakah yang kita makan tersebut termasuk buah, sayur, atau umbi. Buah, sayur, maupun umbi pada dasarnya digunakan tumbuhan sebagai alat perkembangbiakan generatif maupun vegetatif. Pada halaman ini kita akan mempelajari perbedaan buah, sayur, dan umbi.

Perbedaan Buah, Sayur, dan Umbi

Untuk mengetahui perbedaan buah, sayur, dan umbi kita perlu mengetahui definisi dari masing-masing.

Pengertian Buah

Buah adalah hasil dari pertumbuhan maupun perkembangan dari bunga. Secara botani (ilmu yang mempelajari tentang tumbuh-tumbuhan) kacang-kacangan, biji-bijian, serta buah yang berkulit keras termasuk dalam buah. Sedangkan secara umum buah memiliki ciri menghasilkan aroma maupun rasa yang manis.

Berdasarkan pengertian di atas dapat kita ambil contoh buah-buahan diantaranya kacang panjang, tomat, mangga, pepaya, manggis.

Pengertian Sayur

Sayur adalah bagian atau seluruh tanaman lunak yang dapat dikonsumsi secara langsung tanpa perlu diolah dan tidak termasuk dalam makanan pokok.

Istilah sayur tidak berdasarkan secara botani, tetapi biasanya muncul karena lebih pada penggunaannya atau pemanfaatannya.

Sebagai contoh, berdasarkan pengertian sayur di atas maka cabai dan tomat yang semula tergolong buah karena kebiasaan pemanfaatannya secara langsung dan lebih sering dikonsumsi tanpa perlu diolah maka dalam hal ini cabai dan tomat termasuk dalam sayur.

Buah yang secara botani tergolong dalam sayur pada umumnya tidak memiliki rasa manis.

Pengertian Umbi

Umbi adalah bagian batang atau akar yang mengalami perubahan dalam bentuk, ukuran, dan fungsinya. Kita pada umumnya mengenal dua jenis umbi, yaitu umbi batang dan umbi akar.

Umbi batang adalah umbi yang terbentuk dari pembesaran batang atau modifikasi dari batang tersebut. Contoh dari umbi batang yaitu ubi dahlia dan kentang.

Sedangkan umbi akar adalah umbi yang terbentuk dari pembesaran akar. Contoh dari umbi akar adalah wortel, lobak, ketela pohon (singkong), ubi jalar, dan garut.

Kesimpulan

Jika kita perhatikan penjelasan di atas, maka dapat kita simpulkan bahwa sebagian buah yang disebabkan penggunaanya maka akan termasuk dalam sayuran. Sedangkan jika merupakan pembesaran dari batang maupun akar termasuk dalam golongan umbi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.