Manfaat Hewan Bagi Manusia

manfaat hewan membajak kebun

Terdapat tiga jenis makhluk hidup yang ada di bumi diantaranya tumbuhan, hewan, dan manusia. Setiap makhluk hidup tidak bisa hidup sendiri, terlebih manusia. Manusia sangat bergantung dengan adanya tumbuhan dan hewan untuk mencukupi kebutuhan hidupnya. Hubungan manusia dengan makhluk hidup lain bisa juga disebut dengan simbiosis. Bisa dalam bentuk simbiosis mutualisme, parasitisme, komensalisme, dan simbiosis amensalisme. Pada halaman ini kita akan membahas manfaat hewan bagi kehidupan manusia.

Manfaat Hewan Bagi Manusia

1. Bahan Pangan

cara menyimpan daging
daging bakar

Hewan merupakan sumber protein bagi manusia yang disebut sebagai protein hewani. Bentuk-bentuk protein hewani diantaranya protein yang berasal dari hewan, meliputi daging ruminansia (daging sapi, daging kambing, daging rusa), daging unggas (daging ayam, daging bebek), seafood, serta telur dan susu.

Meskipun protein bisa diperoleh dari tumbuhan (protein nabati) tetapi protein hewani memiliki salah satu keunggulan yang sangat dikenal yaitu memiliki komposisi asam amino esensial yang lebih lengkap dibandingkan protein nabati. Tidak hanya itu, protein hewani juga memiliki kandungan nutrisi yang lebih beragam, seperti vitamin B12, vitamin D, zat besi, dan asam lemak omega-3. Meskipun demikian, sebaiknya mengonsumsi daging tidak berlebihan karena dapat mengganggu kesehatan seperti diabetes, penyakit jantung, dan kanker.

2. Bahan Sandang

jaket kulit

Manusia memanfaatkan bagian kulit dan bulu hewan sebagai bahan pakaian. Agar dapat digunakan sebagai bahan bahan sandang maka kulit hewan harus melalui proses penyamakan. Penyamakan kulit adalah proses mengubah kulit yang bersifat labil dan mudah rusak oleh pengaruh fisik, kimia, dan biologi menjadi kulit yang stabil terhadap pengaruh-pengaruh tersebut sehingga dapat awet digunakan.

Ada banyak jenis kulit hewan yang sering digunakan sebagai bahan sandang. Salah satu diantaranya kulit sapi, kulit sapi dipilih karena banyak tersedia di Indonesia dan memiliki ukuran yang lebar. Kulit sapi biasa digunakan sebagai bahan jaket yang digunakan di luar ruangan. Jaket yang dibuat dari kulit sapi dapat menahan penggunanya dari pengaruh cuaca.

Yang tak kalah umum adalah penggunaan kulit kambing. Jaket kulit kambing juga tak kalah menarik dari bahan jaket kulit sapi. Jaket kulit kambing bertekstur lembut, ringan dan lebih lentur daripada kulit sapi.Kulit kambing juga memilki pola yang khas dengan serat kerutan pada permukaannya. Jika dirawat dengan baik maka semakin lama jaket kulit kambing dipakai, maka penampilannya akan lebih baik dibandingkan dengan beli baru. Masih banyak lagi kulit hewan yang dijadikan bahan sandang seperti kulit rusa, bison, domba, kuda, kanguru, dan buaya.

Bulu juga sering digunakan sebagai bahan sandang sepeti jaket, mantel, baju wrap, dan selendang. Hewan yang sering diambil bulunya diantaranya domba, musang, rubah, dan kelinci.

3. Penghasil Tenaga

membajak kebun dengan sapi

Sebelum adanya mesin seperti traktor dan mobil, hewan merupakan hewan dimanfaatkan tenaganya untuk membantu mengolah lahan pertanian dan sebagai alat transportasi. Hingga era modern ini penggunaan hewan untuk dua kegiatan tersebut dibeberapa daerah masih berlangsung. Alasannya beragam, mulai dari menjalankan tradisi, lebih ekonomis, hingga daerah terpencil.

Contoh hewan yang digunakan untuk membantu mengolah lahan pertanian diantaranya sapi dan kerbau. Sapi dan kerbau dipilih karena memiliki tenaga yang kuat, mempunyai stamina yang prima, serta mudah dijinakkan.

Untuk berpindah tempat baik itu memindahkan barang atau mengangkut diri mereka sendiri, manusia sering menggunakan beberapa hewan diantaranya kuda, keledai, unta, dan sapi. Kuda dipilih karena memiliki kecepatan serta stamina yang bagus, keledai dipilih meskipun tidak cepat tetapi juga memiliki stamina serta harga yang relatif terjangkau. Unta dipilih biasanya untuk melintasi daerah gurun karena unta memiliki ketahanan terhadap panas dan minim air. Sedangkan sapi biasanya dipilih karena multifungsi sebagai pembajak lahan pertanaian sekaligus mengangkut alat dan hasil pertanian.

4. Alat Musik

alat musik jimbe

Bagian tubuh hewan yang paling umum digunakan untuk alat musik yaitu bagian kulitnya. Di Indonesia, kulit hewan ini biasanya diambil dari kulit sapi betina. Kulit sapi betina dianggap lebih lentur dan ulet jika direntangkan dan digunakan dalam waktu lama.

Berbagai alat musik yang menggunakan kulit hewan sebagai salah satu bagiannya yaitu jimbe, kendang, beduk, ketipung, tambo, rebana, tifa, dan masih banyak lagi.

5. Penghasil Pupuk

kotoran sapi

Kotoran hewan merupakan unsur yang sangat baik untuk menyuburkan tanah. Pupuk dari kotoran hewan ini biasa disebut dengan pupuk kandang. Proses pembuatan pupuk kandang sangat mudah. Kotoran hewan hanya cukup dikumpulkan disatu tempat yang teduh dan dibiarkan selama beberapa minggu sampai wujudnya berubah menjadi sedikit kering, mudah hancur, baunya berkurang. Wujudnya hampir menyerupai tanah.

Pupuk kandang yang sudah dibiarkan selama beberapa minggu ini bisa langsung diratakan dilahan pertanian. Supaya hasilnya bagus maka lahan yang sudah diberi pupuk kandang ini harus segera diolah dengan cara dibajak. Penggunaan pupuk kandang dapat memulihkan kondisi tanah menjadi gembur dan kaya unsur hara.

Tanaman pangan seperti padi dan sayur-sayuran yang dipupuk dengan pupuk kandang biasa disebut dengan tanaman organik. Saat ini, hasil pertanian organik lebih diminati karena lebih sehat bagi tubuh.

Selain dari beberapa manfaat yang bisa diambil dari hewan di atas, ayo sebutkan lagi manfaat hewan lainnya di kolom komentar ya!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.