Perbedaan Bulu dan Rambut Secara Anatomi

Seringkali beberapa dari kita menganggap bulu dan rambut adalah dua hal yang sama. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia saja masih sedikit memberikan kerancuan dalam pengertian bulu dan rambut karena masih menganggap bulu adalah rambut dan rambut adalah bulu. Padahal secara struktur anatomi yang disebut bulu dan rambut memiliki perbedaan yang jelas.

Perbedaan Bulu dan Rambut

1. Bulu

Bulu adalah struktur kedap air yang biasa menutupi tubuh unggas seperti ayam, bebek, dan burung.

Secara anatomi bulu disusun dari barbules yang melekat pada barbs. Barbs merupakan percabangan dari rachis yang merupakan sumbu utama dari bulu. Warna-warna yang membentuk warna bulu berasal dari tiga pigmen warna utama yaitu melanin (hitam, kelabu, coklat), prophyrin (variasi warna merah, coklat, hijau), dan karotenoid (merah pekat, oranye).

Fungsi bulu diantaranya untuk mengatur suhu tubuh agar tidak kepanasan dan kedinginan (insulasi), menghasilkan suara seperti pada ayam, mengurangi gesekan pada burung saat terbang (aerodinamika), meningkatkan kemampuan mendengar pada burung hantu dan mengecoh pemangsa atau musuh (kamuflase).

2. Rambut

Rambut adalah helaian halus yang menutupi kulit mamalia dan manusia.

Secara anatomi rambut disusun dari akar rambut dan batang rambut. Akar rambut terhubung dengan pembuluh darah, umbi rambut, kantong rambut dan otot penegak. Secara umum struktur rambut pada hewan mamalia dan manusia terdiri dari kutikula, korteks, dan medulla.

Meskipun disusun dengan struktur yang sama rambut hewan jika diraba akan terasa lebih kasar dengan pigmen seragam yang terletak di tengah atau tepi. Sedangkan pada manusia rambut lebih lembut dan pigmen tersebar sepanjang batang rambut. Kutikula rambut hewan memiliki sisik yang besar, dengan medula yang lebar menyambung dan korteks yang tipis. Pada manusia kutikula lebih kecil, dengan medula sempit terputus atau menyambung, dan korteks yang tebal.

Fungsi rambut yaitu melindungi bagian tubuh dari sengatan panas matahari, menahan debu dan keringat agar tidak masuk ke bagian tubuh seperti mata dan hidung, membantu fungsi kulit untuk meningkatkan indra peraba, serta mempercantik penampilan.

Kesimpulan

Perbedaan bulu dan rambut selain dari bentuknya juga dari golongan hewannya. Bulu biasanya dimiliki oleh bangsa unggas sedangkan rambut dimiliki oleh bangsa mamalia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.