Perkembangbiakan Vegetatif Alami Pada Tumbuhan

perkembangbiakan vegetatif alami

Perkembangbiakan vegetatif adalah perkembangbiakan yang terjadi tanpa adanya pertemuan sel kelamin jantan dengan sel kelamin betina. Cara perkembangbiakan vegetatif pada tumbuhan ini dilakukan tanpa melibatkan tumbuhan lain. Kelebihan dari perkembangbiakan secara vegetatif adalah hasil dari perkembangbiakan ini akan mirip sama (kualitas tumbuhan maupun buah) dengan tumbuhan induknya.

Pada proses perkembangbiakan secara vegetatif ini digolongkan menjadi 2 yaitu secara alami atau vegetatif alami dan dengan bantuan manusia atau vegetatif buatan. Baik pada vegetatif alami maupun buatan terdapat beberapa klasifikasi cara perkembangbiakan.

Perkembangbiakan Vegetatif Alami

Terdapat 8 cara perkembangbiakan vegetatif alami. Bagian-bagian tumbuhan yang dapat dijadikan sebagai alat perkembangbiakan vegetatif alami diantaranya :

1. Spora

Spora adalah bagian tumbuhan seperti serbuk kecil yang akan menyebar dan tumbuh menjadi tumbuhan baru. Spora mulanya berbentuk bintil-bintil kecil yang terletak di bawah daun. Spora ini kemudian jatuh ketanah dan jika kondisi air dan kelembabannya mendukung maka akan tumbuh menjadi tumbuhan baru. Perkembangbiakan dengan spora biasanya terjadi pada lumut dan tumbuhan paku. Contoh tumbuhan paku diantaranya suplir, paku tanduk rusa, kadaka, lumut, dan jamur.

letak spora di bawah daun
letak spora di bawah daun
Tumbuhan Paku

2. Tunas

Tunas adalah tumbuhan baru yang tumbuh dari bagian batang tumbuhan induk. Perkembangbiakan dengan menggunakan tunas terjadi pada bambu dan pisang.

Tunas pada pohon pisang

3. Rhizoma

Rhizoma atau juga disebut akar tinggal adalah batang yang berbentuk seperti akar akan tetapi berbuku-buku dan pada setiap ujungnya terdapat calon tunas yang tumbuh menjalar di dalam tanah.

Perkembangbiakan dengan cara rhizoma terjadi pada lengkuas, kunyit, dan jahe.

Sumber gambar : https://nasasukabumihabibie.blogspot.co.id/2015/11/nasa-sukabumi-budi-daya-jahe-gajah.html

Baca juga: Perkembangbiakan Generatif Pada Tumbuhan

4. Umbi Batang

Umbi adalah bagian tumbuhan yang mengalami perubahan ukuran maupun bentuk (biasanya menggembung) sebagai akibat dari perubahan fungsi bagian tersebut.

Umbi batang adalah bagian batang tumbuhan yang menggembung dan tumbuhnya di dalam tanah. Pada bagian umbi batang terdapat mata tunas yang akan menjadi tumbuhan baru apabila ditanam.

Perkembangbiakan dengan menggunakan umbi batang dilakukan pada kentang, bengkuang, maupun ubi jalar.

Sumber gambar : https://www.vemale.com/kesehatan/96568-menurut-studi-kentang-yang-telah-tumbuh-tunas-beracun.html

5. Umbi Lapis

Umbi lapis adalah lapisan-lapisan daun yang mengelilingi batang. Pada bagian dalam umbi lapis terdapat calon tumbuhan baru apabila akan ditanam kembali.

Perkembangbiakan dengan cara umbi lapis terjadi pada bawah merah, bawang putih, dan bawang bombay.

Sumber gambar : http://www.pakmono.com/2016/04/7-contoh-perkembangbiakan-vegetatif-alami-pada-tumbuhan.html

6. Tunas Adventif

Tunas adventif adalah tunas yang tumbuh pada tepian daun atau akar tumbuhan. Contoh perkembangbiakan dengan tunas adventif terjadi pada cocor bebek dan sukun.

perkembangbiakan vegetatif alami melalui daun adventif
Sumber gambar : http://forediaman.com/apa-sih-khasiat-dan-manfaat-dari-daun-cocor-bebek/

7. Geragih

Geragih adalah batang tumbuhan yang menjalar di dalam maupun di permukaan tanah.Pada bagian ruas-ruasnya dapat tumbuh tunas-tunas baru. Terdapat beberapa perbedaan perkembangbiakan secara akar tinggal (rhizoma) dengan geragih.

Contoh perkembangbiakan dengan geragih terjadi pada rumput teki maupun stroberi.

Sumber gambar : http://budisma.net/2016/10/perbedaan-stolon-dan-rhizoma.html

Halaman selanjutnya : Perkembangbiakan Vegetatif Buatan

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.