Pengertian Plankton, Fitoplankton, dan Zooplankton

Kita mungkin asing dengan istilah plankton, fitoplankton, dan zooplankton. Hal ini disebabkan ukuran mereka yang sangat kecil membuat kita tidak melihatnya secara langsung. Terkadang bahkan kita abai terhadap hal-hal kecil seperti ini. Padahal plankton merupakan organisme yang sangat penting bagi ekosistem di bumi.

Penting karena plankton menjadi sumber makanan bagi ikan. Selain itu batu karang, kerang, bahkan sampai paus juga memakan plankton. Selain sebagai sumber makanan bagi sebagian besar makhluk di laut, sebagian jenis plankton bahkan menghasilkan oksigen lebih banyak dari yang mampu dihasilkan tumbuhan di bumi. Penasaran? simak ulasannya berikut:

Pengertian Plankton

Plankton diambil dari istilah Yunani yaitu “planktos” yang artinya “pengembara” atau “penghanyut”.

Secara definisi, plankton adalah organisme renik (makhluk hidup berukuran kecil) yang bergerak mengikuti arus apapun yang hidup di air baik air tawar maupun air asin/laut.

Plankton tersusun dari sisa-sisa makhluk hidup baik hewan maupun tumbuhan air. Sebagian besar plankton hidup di pesisir pantai, karena suplai kehidupan mereka yaitu mineral garam dan cahaya matahari yang melimpah.

Plankton dibagi menjadi dua yaitu fitoplankton dan zooplankton. Apa saja yang menjadi pembeda antara fitoplankton dan zooplankton? simak ulasannya berikut ini!

Pengertian Fitoplankton

kumpulan besar fitoplankton
Kumpulan besar fitoplankton yang difoto dari angkasa
Sumber: wikipedia.org

Fitoplankton berasal dari istilah Yunani yaitu “phyton” yang artinya “tanaman” dan “planktos” yang artinya “pengembara” atau “penghanyut”.

Secara definisi, fitoplankton dikenal juga sebagai autotrof plankton adalah organisme kecil yang mampu menyediakan makanan sendiri dengan mengubah bahan anorganik menjadi bahan organik dengan bantuan energi matahari melalui proses fotosintesis.

Dengan kemampuan mengubah bahan anorganik menjadi bahan organik, fitoplankton memiliki peran sebagai produsen. Seperti halnya tumbuhan, fitoplankton juga mengambil karbondioksida dan menghasilkan oksigen. Bahkan lebih dari 70% oksigen dibumi dihasilkan oleh organisme kecil ini, bukan oleh tumbuhan.

Pengertian Zooplankton

Secara istilah zooplankton berasal dari bahasa Yunani yaitu “zoon” yang berarti “binatang” dan “planktos” yang artinya”pengembara” atau “penghanyut”.

Zooplankton yang juga disebut heterotrof plankton adalah organisme kecil yang membutuhkan senyawa organik di mana karbon diekstrak untuk pertumbuhannya. Heterotrof dikenal sebagai “konsumer” atau tidak dapat membuat makanan sendiri dalam rantai makanan dan hanya bergantung pada yang lain.

Peran zooplankton dalam ekosistem sebagai konsumen, maka zooplankton ini dapat memakan fitoplankton dan sesama zooplankton.

Video Plankton, Fitoplankton, dan Zooplankton

Untuk memahami tentang kehidupan plankton yang meliputi fitoplankton dan zooplankton dapat menyimak video menarik dari TED Education. Video dengan judul The Secret Life of Plankton memiliki durasi singkat yaitu 6 menit 2 detik. Meskipun disampaikan dalam bahasa Inggris tetapi telah tersedia alih bahasa (translate) dalam bahasa Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.