Perbedaan Populasi, Komunitas, dan Ekosistem

Sering sekali kita mendengar populasi, komunitas, ekosistem dan kita kesulitan menggunakan kata tersebut dalam kalimat serta membedakannya. Pada halaman ini kita akan membahas perbedaan populasi, komunitas, dan ekosistem.

1. Populasi

Populasi adalah sekelompok makhuk hidup sejenis yang hidup dan tinggal dalam suatu lingkungan. Contohnya populasi jagung, populasi ulat, populasi ayam, populasi ular, dan populasi pengurai. Jika jumlah salah satu populasi yang saling berkaitan tersebut berubah, maka akan memengaruhi populasi lain di lingkungan tersebut. Sebagai contoh, jika populasi ulat meningkat maka populasi jagung akan menurun karena ulat yang memangsa daun jagung bertambah. Populasi ulat yang meningkat akan meningkatkan populasi ayam karena jumlah mangsa ayam bertambah banyak.

2. Komunitas

Komunitas adalah kumpulan beberapa populasi makhluk hidup yang mendiami suatu lingkungan yang sama dan saling membutuhkan. Contohnya komunitas kebun terdiri dari populasi jagung, populasi ulat, populasi ayam, populasi ular, dan populasi pengurai. Populasi ulat membutuhkan populasi jagung sebagai sumber makanan, begitu juga populasi ayam membutuhkan populasi ulat sebagai sumber makanan dan seterusnya.

3. Ekosistem

Ekosistem adalah hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungannya. Ekosistem terdiri atas makhluk hidup (biotik) dan faktor-faktor tidak hidup (abiotik) seperti air, tanah, dan udara. Contohnya ekosistem kebun, artinya pada ekosistem kebun terdapat air, tanah, dan udara, serta makhluk hidup seperti jagung, ulat, ayam, ular, dan pengurai.

Pada komunitas dalam ekosistem kita sering menjumpai simbiosis antara makhluk-makhluk didalamnya. Contohnya antara bunga dan lebah (simbiosis mutualisme), tali putri dengan tumbuhan teh-tehan (simbiosis parasitisme), anggrek dengan pohon kelengkeng (simbiosis komensalisme), dan rumput liar dengan padi (simbiosis amensalisme).

4. Perbedaan Populasi, Komunitas, dan Ekosistem

Dari ketiga penjelasan tersebut di atas dapat diambil kesimpulan bahawa ketiga hal tersebut memiliki perbedaan. Perbedaan populasi, komunitas, dan ekosistem terletak pada cakupannya. Ekosistem mencakup makhluk hidup dan faktor-faktor tak hidup yang didalamnya ada komunitas dan populasi. Sedangkan pada komunitas terdiri dari kumpulan populasi yang saling terkait dan membutuhkan.

Demikian pembahasan tentang perbedaan dari populasi, komunitas, maupun ekosistem. Semoga dapat membantu peserta didik dalam belajar memahami materi ajar dan meningkatkan pengetahuan pembaca.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.