Alasan dan Cara Menghemat Listrik

Cara menghemat listrik – Dalam kehidupan sehari-hari setiap orang pasti membutuhkan alat elektronik. Alat-alat elektronik ini seluruhnya membutuhkan energi listrik yang dipasok oleh Perusahaan Listrik Negara (PLN).

Dalam menghasilkan listrik untuk mencukupi kebutuhan warganya, pemerintah Indonesia melalui PLN masih mengandalkan energi fosil (salah satunya batu bara) untuk menggerakkan turbin dalam menghasilkan listrik. Energi fosil merupakan sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui dan pasti akan habis.

Penggunaan energi fosil dalam menghasilkan listrik juga menyebabkan pemanasan global karena gas buang pembakaran akan menumpuk diatmosfer yang menyebabkan suhu bumi meningkat.

Baca Juga : Rangkaian Listrik Seri dan Paralel

Cara Menghemat Listrik

Untuk menjaga tetap tersedianya energi listrik dan menjaga pemanasan global, kita harus melakukan langkah penghematan penggunaan energi listrik. Berikut ini cara-cara menghemat listrik :

  1. Matikan lampu dan peralatan elektronik lainnya jika tidak digunakan.
  2. Menggunakan pendingin ruangan (AC) sesuai dengan kebutuhan dan menjaga suhu untuk tidak terlalu dingin agar penggunaan energi listriknya tidak berlebihan.
  3. Menghindari penggunaan alat elektronik yang tidak terpakai dalam keadaan standby. Seperti pada televisi yang dimatikan hanya menggunakan remote tetapi masih terhubung ke jaringan listrik, berarti televisi tersebut masih mengonsumsi listrik yang sebenarnya tidak diperlukan.
  4. Menggunakan peralatan elektronik yang hemat terhadap energi. Seperti penggunaan lampu LED yang mampu menghasilkan cahaya yang terang dengan konsumsi energi listrik yang rendah.
  5. Kurangi penggunaan lampu pada waktu siang hari, dan maksimalkan penggunaan jendela agar cahaya matahari mampu menerangi seluruh ruangan.
  6. Menggunakan air dengan hemat, karena air diambil menggunakan pompa air yang mengonsumsi banyak energi listrik.
  7. Menyetrika baju dengan sekaligus, karena energi yang dibutuhkan untuk memanaskan setrika juga besar.
sumber gambar : https://finance.detik.com/infografis/3328540/awas-ada-vampir-listrik-gentayangan-di-rumah

Langkah-langkah penghematan diatas selain untuk menjaga ketersediaan dan pemerataan energi listrik bagi seluruh warga. Juga untuk menjaga besarnya pengeluaran (dana) untuk membayar biaya penggunaan listrik yang diukur menggunakan meteran listrik (bargainser).

Bargainser atau meteran listrik adalah alat yang terpasang pada setiap rumah oleh PLN untuk mencatat penggunaan daya, pembatasan daya, dan pemutusan aliran listrik apabila terjadi kelebihan penggunaan energi listrik.

Ayo sebutkan lagi langkah-langkah penghematan listrik menurutmu dikolom komentar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.