Rangkaian Listrik Seri dan Paralel

Rangkaian listrik berdasarkan bentuknya dibedakan menjadi dua, yaitu rangkaian seri dan rangkaian paralel. Rangkaian seri adalah rangkaian yang dipasang berderet tanpa adanya cabang. Sedangkan rangkaian parallel adalah rangkaian yang dipasang sejajar sehingga membentuk cabang-cabang.

Rangkaian listrik seri dan paralel mempunyai beberapa perbedaan dari sisi penggunaan, serta kelebihan dan kekurangan masing-masing. Berikut ini beberapa perbedaan rangkaian seri dan paralel.

Penggunaan Rangkaian Listrik Seri dan Paralel

Penggunaan rangkaian seri biasanya digunakan pada alat-alat yang tidak memiliki banyak ruang dan jaringan kabel. Contoh alat yang menggunakan rangkaian seri adalah lampu senter.

Sedangkan penggunaan rangkaian paralel digunakan dengan pada rangkaian lampu yang mempunyai banyak fungsi seperti pada rangkaian listrik di rumah, penerangan jalan, dan lampu lalu lintas.

Pada rangkaian yang lebih kompleks seperti rumah, seringkali dijumpai rangkain seri dan rangkaian paralel ini dikombinasikan sesuai dengan kebutuhan manusia.

Seperti pada penggunaan rangkaian lampu-lampu taman yang digabungkan dalam satu saklar, sehingga ketika saklar dimatikan seluruh lampu taman akan padam semua. Tetapi lampu yang ada didalam rumah tidak ikut padam. Tujuan dari kombinasi ini untuk menghasilkan efisiensi dan manfaat yang lebih maksimal.

Baca Juga : Pelapukan Biologi, Fisika, dan Kimia

Kelebihan dan Kekurangan Rangkaian Listrik Seri dan Paralel

Rangkaian Seri

Kelebihan rangkaian seri yaitu hanya membutuhkan sedikit komponen untuk rangkaiannya, sehingga biaya yang dibutuhkan untuk menyusun rangkaian seri ini relatif lebih murah.

Kekurangan rangkaian seri yaitu jika disusun dengan lebih dari satu lampu kemudian salah satu aliran lampu dipadamkan, maka seluruh rangkaian akan ikut padam. Selain itu karena disusun secara berurutan maka nyala lampu akan menjadi redup.

Rangkaian Paralel

Kelebihan rangkaian paralel yaitu dapat menyalakan lampu yang lebih terang dari rangkaian seri, dan apabila salah satu lampu dipadamkan tidak akan berdampak pada lampu yang lain.

Kekurangan rangkaian paralel yaitu membutuhkan komponen untuk rangkaiannya lebih banyak, sehingga biaya yang dikeluarkan untuk menyusun rangkaian paralel lebih mahal dibandingkan rangkaian seri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.