Contoh Alat Musik Petik Dilengkapi Gambar dan Video

Bunyi dapat dihasilkan oleh benda-benda yang bergetar. Benda yang menghasilkan bunyi disebut dengan sumber bunyi. Alat musik merupakan sumber bunyi yang menghasilkan bunyi bernada atau tidak bernada bergantung jenis alat musiknya. Berikut contoh alat musik petik yang sebaiknya diketahui

Contoh Alat Musik Petik

Secara umum contoh alat musik petik menggunakan dawai/senar. Meskipun tidak semua alat musik berdawai selalu dimainkan dengan dipetik. Berikut beberapa contoh alat musik petik disertai dengan gambar dan video penggunaannya.

1. Kecapi

kecapi
http://biyikmusik.blogspot.com/2016/04/sejarah-alat-musik-kecapi.html

Kecapi merupakan alat musik petik yang berasal dari China. Didaerah asalnya kecapi bernama Ghuzeng. Kecapi umumnya dipakai untuk mengiringi lagu-lagu yang sifatnya lebih lembut dan mendayu.

Berikut contoh permainan kecapi yang membawakan lagu Indonesia Pusaka.

2. Ukuleleukulele

Ukulele merupakan alat musik petik yang berbentuk seperti gitar dengan ukuran yang lebih kecil. Perbedaannya terletak pada jumlah dawai/senar yang hanya ada empat. Sehingga cara memainkannya berbeda dengan gitar.

Berikut contoh permainan ukulele:

3. Gitargitar

Gitar merupakan alat musik petik yang bentuknya seperti ukulele. Perbedaanya menggunakan enam dawai/senar. Gitar menjadi alat musik paling umum dikenal dikalangan masyarakat. Gitar pertama kali muncil di daerah persia tahun 1500 SM.

Berikut contoh permainan alat musik gitar:

4. Mandolin

mandolin
gambar: https://www.melbournemusiccentre.com.au/bryden-mandolin-71285.html

Mandolin merupakan alat musik yang menggunakannya seperti gitar. Mandolin sering digunakan untuk mengiringi tari-tari dan lagu-lagu tradisional.

5. Harpa

harpa
gambar: https://www.dictio.id/t/apa-yang-dimaksud-dengan-instrumen-harpa/80379

Harpa adalah alat musik petik yang dimainkan dengan tegak. Tangan pemain harpa berada disamping untuk memetik senar yang membentang dari atas ke bawah. Jumlah senar mulai dari 22 sampai dengan 47 buah.

6. Siter

siter
gambar: https://www.kamerabudaya.com/2016/10/alat-musik-tradisional-siter.html

Siter merupakan alat musik dawai yang bentuknya mirip dengan kecapi. Siter menjadi salah satu alat musik di dalam gamelan jawa. Siter menggunakan 11 senar yang dimainkan dengan dipetik menggunakan ibu jari kedua tangan.

7. Sasandosasando

Sasando merupakan salah satu alat musik petik yang berasal dari Indonesia. Tepatnya berasal dari Pulau Rote, Nusa Tenggara Timur. Sasando berasal dari kata sasandu yang memiliki arti bergetar atau berbunyi.

Sasando dibuat dari bambu yang diberi lilitan senar. Pada bagian belakangnya diberi anyaman daun lontar yang berbentuk seperti mangkok.

8. Sitar

sitar
gambar: https://prosadmusic.com/classical-indian-music/

Sitar merupakan alat musik dawai yang berasal dari Asia Selatan. Sitar diyakini telah diturunkan dari Veena instrumen kuno India dan dimodifikasi oleh musisi pengadilan Mughal agar sesuai dengan selera pelanggan Persia dan dinamai alat Persia yang disebut Setar. Selanjutnya sitar modern berkembang di India pada abad ke-18.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.