Jenis, Fungsi, dan Struktur Daun pada Tumbuhan

Tumbuhan pada umumnya mempunyai bagian-bagian utama diantaranya akar, batang, daun, dan bunga. Pada halaman ini kita akan membahas daun. Daun merupakan salah satu bagian dari tumbuhan yang salah satu fungsinya untuk fotosintesis. Selain fungsinya kita akan membahas tentang struktur daun, jenis tulang daun, dan manfaat bagi manusia.

Struktur Daun

Berdasarkan struktur daun, daun digolongkan menjadi 2 yaitu daun lengkap dan daun tidak lengkap.

  1. Daun lengkap terdiri dari tulang daun, helai daun, tangkai daun, pelepah daun. Contoh daun pisang dan daun bambu
  2. Daun tidak lengkap tidak memiliki seluruh bagian dari daun lengkap, misalnya hanya memiliki tangkai daun dan helai daun saja. Contohnya daun jagung.

Jenis Tulang Daun

Berdasarkan susunan tulang daunnya, daun digolongkan menjadi 4 jenis diantaranya:

1. Menyiripstruktur daun pada tumbuhan

Tulang daun pada jenis ini memiliki susunan seperti sirip pada ikan. Contoh tumbuhan dengan tulang daun menyirip yaitu daun jambu dan daun mangga.

2. Melengkungdaun melengkung

Tulang daun pada jenis melengkung memiliki susunan seperti garis-garis melengkung yang bertemu pada ujung daunnya. Contoh tumbuhan dengan tulang daun melengkung yaitu daun sirih dan daun genjer.

3. Menjaridaun menjari

Tulang daun menjari memiliki bentuk seperti jari-jari pada manusia. Contoh tumbuhan dengan tulang daun menjari yaitu daun pepaya, dan daun kapas.

4. Sejajardaun sejajar

Tulang daun pada jenis ini memiliki susunan seperti garis-garis sejajar. Contoh tumbuhan dengan tulang daun sejajar yaitu daun tebu, daun padi, daun alang-alang.

Fungsi Daun

Fotosintesis

Seluruh tumbuhan yang mempunyai zat hijau daun (klorofil) melakukan fotosintesis. Fotosintesis adalah proses pembuatan makanan pada tumbuhan dengan bantuan sinar matahari. Hasil fotosintesis digunakan untuk pertumbuhan pada tumbuhan selebihnya disimpan pada buah, batang, dan akar.

Pernapasan

Pada bagian bawah daun terdapat lubang-lubang kecil yang disebut mulut daun (stomata). Stomata digunakan daun untuk bernafas, mengambil karbondioksida dan mengeluarkan oksigen pada siang hari. Dan sebaliknya pada malam hari.

Penguapan

Beberapa tumbuhan yang hidup didaerah yang kelebihan cadangan air. Seperti didanau, sungai, tepi laut. Tumbuhan-tumbuhan tersebut rata-rata mempunyai ukuran daun yang tipis dan lebar. Tujuannya yaitu meningkatkan proses penguapan sehingga tumbuhan tidak kelebihan air dan busuk. Contoh tumbuhannya yaitu teratai.

Perkembangbiakan

Salah satu fungsi daun pada beberapa tumbuhan yaitu sebagai alat perkembangbiakan. Hal ini ditunjukkan pada tumbuhan cocor bebek. Cocor bebek dapat berkembangbiak melalui tunas adventif sebagai alat perkembangbiakan vegetatif. Sehingga dari daunnya dapat tumbuh tunas baru.

Manfaat Daun bagi Manusia

Bagi manusia, daun mempunyai banyak sekali manfaat diantaranya:

  1. Sebagai bahan obat-obatan
    Contoh: daun jambu biji, daun mengkudu
  2. Sebagai bahan makanan
    Contoh: daun bayam, daun singkong, daun pepaya.
  3. Sebagai pembungkus
    Contoh: daun jati, daun pisang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.