Pernapasan atau Pernafasan, Yang Benar Adalah

Manakah yang termasuk kata baku dan kata tidak baku antara pernapasan atau pernafasan? Ini merupakan salah satu kata yang sering salah dalam penggunaannya. Sudah semestinya menghargai dan menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam kehidupan sehari-hari. Manakah yang sebaiknya digunakan dalam kehidupan sehari-hari antara pernapasan atau pernafasan?

Mana Yang Benar, Pernapasan atau Pernafasan?

Untuk mengetahui kata baku dan benar untuk digunakan kita harus membuka kamus. Tetapi kata pernapasan atau pernafasan dalam kamus tidak dapat ditemukan dalam kumpulan yang diawali huruf P. Tetapi harus menggunakan kata dasar dari pernapasan atau pernafasan yaitu napas atau nafas.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) kata yang baku antara pernapasan atau pernafasan adalah napas, sehingga jika diberi awalan per- dan akhiran -an menjadi pernapasan.

Sehingga kata bakunya adalah pernapasan dan kata tidak bakunya adalah pernafasan. Arti kata napas mengutip dari KKBI adalah udara yang diisap melalui hidung atau mulut dan dikeluarkan kembali dari paru-paru.

Kata pernapasan sering muncul dalam pembahasan tentang tubuh. Baik itu tubuh manusia maupun makhluk hidup lainnya. Berikut contoh penggunaan kata pernapasan dalam kalimat.

  • Sistem pernapasan manusia menggunakan paru-paru.
  • Pada saat terbang pernapasan pada burung dibantu dengan menggunakan pundi-pundi udara.
  • Kita harus menjaga organ pernapasan dengan cara menggunakan penutup wajah saat bepergian pada daerah yang berdebu.

Baca Juga : Cicak atau Cecak, Yang Benar Adalah

Semoga informasi ini memberikan manfaat dan tambahan pengetahuan bagi pembaca. Masih memiliki kata yang rancu apakah baku atau tidak baku? silahkan tuliskan dikolom komentar untuk mendapatkan jawabannya.

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here