Pengertian Ovipar Vivipar dan Ovovivipar

Jumlah makhluk hidup yang tinggal di bumi ini sangat banyak. Terdiri dari tumbuhan, hewan, dan manusia. Cara perkembangbiakannya juga sangat beragam. Pada kesempatan ini, kita akan membahas tentang perkembangbiakan hewan secara seksual atau perkawinan. Perkembangbiakan secara seksual pada hewan dikenal dengan tiga cara, diantaranya ovipar vivipar dan ovovivipar.

Pengertian Ovipar Vivipar dan Ovovivipar

Mari simak penjelasan tentang ovipar vivipar dan ovovivipar secara mendalam melalui ulasan berikut ini.

1. Ovipar

Ovipar adalah perkembangbiakan hewan dengan cara bertelur. cara mudah untuk menghafalkannya cukup melihat huruf awalnya yaitu “O“. Huruf ini berbentuk seperti telur, maka ovipar merupakan cara berkembangbiak hewan dengan cara bertelur.

Ciri-ciri perkembangbiakan dengan cara ovipar:

  1. Daun telinganya tidak terlihat
  2. Tidak memiliki puting susu dan kelenjar susu sehingga tidak menyusui
  3. Embrio mendapatkan makanan dari cadangan makanan yang ada dalam telur.
  4. Sebagian besar berasal dari bangsa aves (unggas) dan reptil (hewan melata) meskipun tidak semuanya bertelur

Contoh hewan yang berkembangbiak dengan cara ovipar:

Bebek

bebek

Bebek merupakan salah satu hewan yang berkembangbiak dengan cara bertelur atau ovipar. Setiap telur bebek didalamnya terdapat embrio yang dapat berkembang menjadi anak bebek. Embrio dapat berkembang dengan baik didukung dengan suhu lingkungan yang tepat. Selama proses pertumbuhan didalam cangkang telur, embrio dapat berkembang dengan cadangan makanan yang ada dalam cangkang telur.

Contoh lain hewan yang berkembangbiak secara ovipar dibahas dalam laman Contoh Hewan-Hewan yang Berkembangbiak Secara Ovipar.

2. Vivipar

Vivipar adalah perkembangbiakan hewan dengan cara beranak. Cara mudah untuk memahami dan menghafalkannya dengan mengamati pada kata vivipar tidak terdapat huruf “O”, maka tidak ada telur. Sehingga kita bisa beranggapan beranak.

Ciri-ciri perkembangbiakan dengan cara vivipar:

  1. Memiliki daun telinga.
  2. Sebagian besar berasal dari bangsa mamalia.
  3. Memiliki puting susu dan kelenjar susu sehingga menyusui anaknya.
  4. Memiliki penutup tubuh berupa rambut.
  5. Ketika didalam kandungan, embrio mendapatkan makanan secara langsung dari induknya melalui plasenta.

Perlu diketahui bahwa manusia juga termasuk berkembang biak dengan cara vivipar

Contoh hewan yang berkembangbiak dengan cara ovipar:

Sapi

sapi

Sapi merupakan salah satu mamalia yang umum berada disekitar kita, hewan ini mempunyai banyak manfaat bagi manusia. Diantaranya diambil daging, kulit, tenaga, dan susunya. Cara berkembangbiak sapi melalui vivipar karena memenuhi syarat ciri-ciri hewan yang telah disebutkan diatas.

Contoh-contoh hewan yang berkembangbiak dengan vivipar dibahas secara terpisah pada laman Contoh Hewan yang Berkembangbiak dengan Vivipar.

3. Ovovivipar

Ovovivipar adalah perkembangbiakan hewan dengan cara bertelur tetapi telur tersebut disimpan dalam tubuh induknya sampai menetas. Setelah menetas baru dilahirkan.

Cara memahami dan menghafalkannya dengan melihat kata ovovivipar seperti penggabungan dari ovipar dan vivipar, sehingga memahaminya cukup digabungkan bertelur selanjutnya beranak.

Ciri-ciri perkembangbiakan dengan cara ovovivipar:

  1. embrio berkembang dalam cangkang telur yang disimpan dalam perut induknya
  2. embrio mendapat asupan makanan dari cadangan makanan yang ada dalam telur, bukan berasal dari induknya langsung.

Contoh hewan yang berkembangbiak dengan cara ovovivipar:

Ikan Hiu

ikan remora dan hiu

Ikan hiu berkembangbiak dengan cara bertelur, tetapi telur tersebut tetapi disimpan dalam tubuh ikan hiu. Setelah berkembang dan menetas induk ikan hiu akan melahirkan anaknya.

Masih banyak contoh hewan yang berkembangbiak secara ovovivipar yang akan dibahas secara terpisah pada halamanĀ Beberapa Contoh Hewan yang Berkembangbiak dengan Ovovivipar.

Demikian ulasan tentang perkembangbiakan hewan secara ovipar vivipar dan ovovivipar. Semoga ulasan ini memberikan pengetahuan bagi pembaca. Tambahan serta masukan dapat dituliskan dalam kolom komentar dibawah. terimakasih

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.