Lupa Username dan Password Akun SIMPKB Guru Pembelajar

Salah satu alamat web yang penting bagi Bapak dan Ibu Guru adalah simpkb.id. Setiap guru mempunyai akun disini yang berisi banyak hal penting. Salahsatunya informasi SKTP (Surat Keputusan Tunjangan Sertifikasi). Selain itu juga dapat melihat capaian prestasi UKG. Bagaimana kalau ada yang lupa username dan password akun simPKB tersebut?

Kasus ini dialami beberapa pembaca setelah kami menerbitkan Cara Cek SKTP Sertifikasi Guru beberapa hari yang lalu. Kemudian masuk email pertanyaan, bahwa beliau sama sekali lupa username dan password akun simpkb untuk login. Untuk menjawab hal itu silahkan simak solusinya dibawah ini.

Solusi Lupa Username dan Password Akun SIMPKB

Pada tahun 2016 yang lalu, Bapak dan Ibu Guru memperoleh selembar kertas dari dinas yang memuat ID akun guru pembelajar dan passwordnya. Tetapi karena sudah lama beberapa kasus banyak yang hilang. Berikut ini solusi yang bisa Bapak dan Ibu Guru tempuh jika mengalami hal tersebut:

  1. Masuk laman https://sim.gurupembelajar.id/akun/ptk, silahkan isi 3 kolom data yang tersedia. Cukup isi nama sebenarnya juga tetap akan muncul, hanya saja jika namanya banyak yang sama harus mencari. 
  2. Setelah diisi, kemudian pilih atau klik “Cari GTK”. Tidak lama berselang akan muncul data PTK yang bersangkutan tepat dibawahnya.
  3. Username SIMPKB adalah nomor peserta UKG Bapak dan Ibu, silahkan dicatat.
  4. Sedangkan untuk password SIMPKB, silahkan buka halaman login simpkb  https://paspor.simpkb.id/casgpo/login atau klik disini. Silahkan pilih menu “lupa password” yang ada dibawah menu login.
  5. Jika Bapak dan Ibu sudah pernah memasukkan email alternatif pada akun guru pembelajar maka password baru Bapak dan Ibu Guru akan dikirim ke alamat email langsung. Tetapi jika belum pernah atau bahkan lupa alamat email, Bapak dan Ibu dapat menghubungi atau datang langsung ke Dinas Pendidikan kabupaten tempat Bapak dan Ibu Guru bertugas untuk melakukan reset password dengan menunjukkan nomor UKG.

Demikian solusi apabila Bapak dan Ibu Guru lupa dengan username dan password simpkb. Semoga dapat bermanfaat. Terimakasih

5 KOMENTAR

  1. Saya sudah membetulkan data dapodik dengan oprator sekolah dan dinas pendidikan tapi masih dalam proses

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.