Cek SKTP Sertifikasi Guru 2018, Sudah Terbit!

Guru dengan sertifikat pendidik pasti tidak asing dengan SKTP. SKTP adalah Surat Keputusan Tunjangan Profesi. SKTP ini menjadi penentu apakah guru yang bersertifikat pendidik tersebut tunjangan profesinya akan cair atau tidak. Segera cek SKTP Bapak dan Ibu Guru yang ada di info GTK atau info Guru di laman simpkb.id, karena sudah beberapa hari yang lalu telah diterbitkan.

Meskipun disebut dengan surat keputusan, tetapi yang diterima guru bukan dalam bentuk surat keputusan (SK). Bapak dan Ibu Guru hanya memperoleh nomor SK saja. Berikut ini contoh SKTP sudah terbit untuk guru yang bersangkutan. Nomor SKTP ditunjukkan dalam kotak berwarna merah.

Cek SKTP Guru
http://www.sangpengajar.com/2018/03/sertifikasi-guru-inilah-cara-cek-sktp-2018.html

Bagaimana Cara Cek SKTP

Cara cek apakah SKTP sudah terbit atau belum bagi Bapak dan Ibu Guru langkah demi langkah sebagai berikut:

  1. Buka alamat website resminya di paspor.simpkb.id atau klik disini untuk langsung menuju halaman tersebut.
  2. Masukkan username dan password simpkb Bapak dan Ibu Guru. Bagaimana kalau lupa? Cek disini Cara Mendapatkan Kembali Username dan Password yang Lupa.
  3. Bapak dan Ibu Guru akan dibawa masuk kehalaman awal simpkb sesuai dengan username yang dimasukkan. Silahkan gulir kebawah sampai bertemu menu Layanan Info GTK, silahkan klik saja.
  4. Akan muncul jendela halaman baru yang menunjukkan identitas Bapak dan Ibu, silahkan gulir kebawah sampai bertemu Tunjangan Guru >> Tunjangan Profesi.
  5. Pada jendela baru info gtk, kita harus memasukkan beberapa informasi diantaranya NUPTK, tanggal lahir, dan kode unik, kemudian pilih login.info gtk
  6. Silahkan periksa apakah sudah terdapat nomor SK atau belum. Jika sudah, silahkan dicetak untuk pengurusan di dinas pendidikan apabila pada waktunya dana tidak cair.

    Cek SKTP Guru
    http://www.sangpengajar.com/2018/03/sertifikasi-guru-inilah-cara-cek-sktp-2018.html
  7. Jika ternyata nomor SK belum muncul (ditunjukkan pada kotak berwarna merah pada gambar diatas) silahkan tunggu beberapa hari, mungkin masih dalam tahapan pemrosesan.

Catatan: Karena banyaknya jumlah akses ke server info gtk dan terbatasnya kemampuan server, seringkali website tidak bisa dibuka (situs tidak dapat dijangkau). Atau karena dalam pemeliharaan.  Solusinya cari waktu lain yang sekiranya longgar.

SKTP ini berlaku untuk 6 bulan. Biasanya periode setiap SKTP yaitu Januari-Juni dan Juli-Desember. Selalu cek SKTP Bapak dan Ibu Guru agar tidak terjadi hal-hal yang berpengaruh pada tunjangan profesi. Jangan lupa simpan dan cetak halaman info GTK Bapak dan Ibu Guru. Apabila terjadi tidak cair, kekeliruan, atau perubahan data silahkan hubungi operator dapodik atau dinas pendidikan tempat Bapak dan Ibu Guru berada dengan membawa cetakan info GTK yang telah tercantum nomor SK tunjangan sertifikasi.

Cara Cetak Info GTK

Jika SK pencairan tunjangan profesi Bapak dan Ibu Guru telah terbit. Silahkan untuk menyimpan halaman tersebut sebagai bukti jika terjadi kesalahan baik pencairan maupun data.

Cara cetaknya cukup mudah, pada halaman peramban (browser) cukup tekan tombol CTRL dan huruf P, maka akan muncul halaman pengaturan cetakan. Pada kolom tujuan silahkan pilih format PDF agar bisa disimpan tanpa ada perubahan.

Kemudian pilih simpan dan tentukan lokasi penyimpanan yang mudah diakses. Setelah selesai pengunduhan, silahkan Bapak dan Ibu Guru buka file tersebut kemudian baru dicetak menggunakan printer.

18 KOMENTAR

  1. Sy dr Tk ,tunjangan sertifikasi TW 3 & 4 2018 belum cair sampai b, Maret
    Pertenghn ini
    sdh lapor ke dinas provinsi & kementrian
    Hasilnya suruh tunggu
    Awalnya data info GTK sy muncul , utk mulai b. Maret sdh tdk muncul datanya , input data dapodik dr awal ( b. Juli 2018) semua sdh valid
    Sdg Tw 1 2019 sdh mau pencairan lg
    Mohon solusinya , trm ksh
    Tgl 14 Maret sdh lapor kembali ke kementrian & dinas propinsi via WA
    Madih belum ada jawabannya

  2. Sertifikasi saya waktu periode juli sampai desember ridak cair.karena wakru buat nama saya untuk pencairan,nama saya ketinggalan 1 huruf oloh opeator sekolah,semestinya nama saya Eflindawati. Di buat sama operator Elindawati. Sedangkan no rek betul
    Jadi.pihak dinas dan operator tidak lihat lihat sampai sudah tutup.anggaran tahun 2017. Pas saya cek si dinas propinsi mereka tidak mencairkhan dana sertifikasi saya karena namanya salah. Orang dinas bilang nanti ibu dtg bulan maret.ternyata sampai bulan desember dana yg mau di.cary over sampai sekarang sktp nya.tidak ada. Kata orang dinas propinsi belum ada sktp dari jakarta bu.maka dana sertifikasi ibu yg bulan juli sampai desember 2017. Belum bisa dibayar khan. Yang ingin saya tanya khan kapan sktp pencairan itu akan di buat dan apakah nanti.uang sertifikasi saya yg tidak di cairkhan itu lama lama menjadi hangus. Atau nihil

    • beberapa kasus kesalahan nama biasanya akan cair mengikuti caryover jika data sudah dibetulkan. meskipun begitu, terkadang SKTP caryover bisa cepat dan kadang bisa lama. Pengalaman rekan kami yang ikut caryover paling cepat triwulan berikutnya, dan paling lama tahun berikutnya.

  3. sktp bln jan s/d juni 2018 muncul. utk sktp bln juli s/d des 2018 tdk muncul. krn kata operator sekolah nuptk tiba2 kosong n proses klaim…kira2 bisa cair tdk ya tpp saya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.