Fungsi Rangka Pada Manusia

Rangka merupakan bagian terkeras pada tubuh manusia. Kelebihan-kelebihan rangka manusia membuatnya memiliki peran dan fungsi rangka yang sangat penting.

Rangka merupakan alat gerak pasif dalam tubuh kita karena hanya bisa bergerak jika ditarik otot yang merupakan alat gerak aktif. Rangka dapat membuat tubuh manusia dan hewan dapat dengan mudah bergerak.

Fungsi Rangka

Rangka mempunyai beberapa fungsi diantaranya menegakkan tubuh, membentuk tubuh, tempat melekat otot, melindungi organ, serta menghasilkan sel darah. Berikut ini penjelasan dari fungsi rangka tersebut.

1. Menegakkan Tubuh

Dengan adanya rangka tubuh dapat berdiri dengan kokok. Dapat berjalan sampai berlari. Kekuatan rangka tubuh dapat ditingkatkan dengan asupan gizi dan olahraga yang teratur.

2. Membentuk Tubuh

Dengan adanya rangka, tubuh manusia dapat berbentuk. Tanpa adanya rangka, kita dapat memiliki jari, lengan, kaki, dan bentuk kepala yang tetap.

Baca juga: Nama Sendi Pada Tubuh Manusia

3. Tempat Melekatnya Otot

Otot merupakan alat gerak aktif yang dapat menggerakkan rangka tubuh. Untuk dapat menggerakkan rangka tubuh kita otot perlu melekat pada rangka. Kombinasi ini memberikan kita kemampuan untuk bergerak dengan baik.

4. Melindungi Organ Tubuh

Tubuh manusia mempunyai organ-organ penting yang rawan terhadap benturan. Akibat benturan dapat menyebabkan organ tersebut terluka, rusak, dan tidak berfungsi. Rangka yang memiliki sifat keras dapat berfungsi melindungi organ-organ tersebut.

Contoh rangka melindungi organ tubuh diantaranya:

  • Rangka kepala melindungi otak, mata, hidung, dan saluran pernapasan.
  • Rangka badan melindungi paru-paru, jantung, dan alat pencernaan.
  • Rangka pinggul melindungi alat pencernaan dan alat reproduksi manusia.
  • Tulang belakang melindungi sumsum tulang belakang yang menghasilkan sel darah.

5. Penghasil Sel Darah

Penghasil sel darah merah dan sel darah putih adalah sumsum tulang belakang. Letak dari sumsum tulang belakang berada pada tulang belakang. Sel darah berfungsi untuk mengangkut sari-sari makanan, oksigen, serta membunuh kuman.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.