Contoh Laporan Diklat bagi Guru

Dalam rangka meningkatkan kompetensi guru dan mutu kegiatan pembelajaran, guru dituntut untuk mengikuti berbagai macam pendidikan dan pelatihan (diklat) . Selain itu, dengan menyusun laporan diklat guru akan memperoleh angka kredit.

Memang tidak mudah seperti zaman dulu untuk memperoleh angka kredit, guru tidak hanya harus mengikuti pendidikan dan pelatihan (diklat). Tetapi juga harus membuat berbagai macam perangkat pendukung untuk dilaporkan agar diklat tersebut dapat memperoleh angka kredit untuk kenaikan pangkat, diantaranya

  1. Laporan
  2. Surat tugas
  3. Sertifikat diklat

Baca Juga : Besaran Angka Kredit untuk Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan

Dari keempat perangkat tersebut yang paling menuntut kejelian yaitu menyusun laporan. Tetapi tenang saja, tim kami telah memperoleh contoh laporan diklat dalam bentuk ms office word pada bagian akhir untuk memudahkan Bapak dan Ibu Guru memperoleh gambaran dalam menyusun laporan.

Meskipun demikian penting bagi Bapak dan Ibu guru mengetahui kerangka laporan diklat yang sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan

Bagian-Bagian Laporan Diklat

Berikut ini panduan baku dalam menyusun laporan diklat yang dibagi menjadi 3 bagian, yaitu

Bagian awal, berisi:

Judul, waktu, tempat, tujuan, lama pelaksanaan, surat penugasan, penyelenggara diklat, surat persetujuan, fotokopi sertifikat atau surat keterangan dari penyelenggara diklat.

Bagian isi, berisi:

  • Tujuan dan alasan mengikuti diklat
  • Deskripsi materi
  • Tindak lanjut yang akan dilaksanakan
  • Dampak terhadap peningkatan guru dalam peningkatan mutu kegiatan belajar mengajar dan peserta didik
  • penutup

Bagian akhir, berisi:

Lampiran yang berupa matrik ringkasan pelaksanaan diklat. Contoh tabelnya sebagai berikut

Nama Diklat Tempat Kegiatan Jumlah Jam Kegiatan Diklat Nama Fasilitator Mata Diklat/ Kompetensi Nama Penyelenggara Kegiatan Dampak pada Peserta Didik

Dengan melengkapi ketiga bagian diatas maka bagian tersulit dari perangkat pendukung diklat agar memperoleh angka kredit sebagai syarat kenaikan pangkat telah terpenuhi.

Sebagaimana yang kami janjikan diawal tadi, berikut ini contoh laporan diklat yang dapat Bapak dan Ibu Guru unduh. Tentu saja contoh  laporan ini masih memiliki banyak kekurangan. Maka dari itu masukan dan saran dari Bapak dan Ibu selalu kami nantikan melalui kolom komentar dibagian bawah.

Download Contoh Laporan Pendidikan dan Pelatihan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.