Cara Mudah Cek Taspen Dana Pensiun & Tunjangan Hari Tua PNS

Bukan hal yang baru bagi para Pegawai Negeri Sipil (PNS) jika membahas Taspen. PT Taspen atau yang sering diucapkan cukup dengan taspen adalah badan usaha milik Negara yang bergerak dalam bidang asuransi tabungan hari tua dan dana pensiun PNS.

Apalagi bagi Bapak dan Ibu PNS yang sudah mendekati masa pensiun. Maka seringkali penasaran berapa besaran dana tunjangan hari tua dan pensiun yang akan diterima setelah purna tugas (pensiun).

Meskipun demikian, banyak PNS yang belum mengetahui cara melihat berapa besar dana pensiun tan tunjangan hari tua yang akan diterima berdasarkan estimasi pangkat dan gaji pokok setiap PNS.

Baca Juga : Gaji Guru PNS di Indonesia

Cara Mengetahui Taspen

Untuk mengetahui kisaran besarnya tunjangan hari tua dari taspen yang akan diterima cukup dengan menggunakan HP android milik Bapak dan Ibu. Bagaimana caranya?

Berikut ini langkah-langkah melihat estimasi dana pensiun dan tunjangan hari tua bagi PNS :

1. Buka aplikasi playstore di HP android Bapak dan Ibu.

2. Silahkan masukkan kata taspen pada pencarian, hingga muncul aplikasi MOBILE Taspen dengan keterangan developer-nya dari PT Taspen (Persero). Atau klik disini.

Kemudian silahkan lakukan penginstalan terlebih dahulu sampai selesai. Setelah selesai silahkan langsung dibuka.

3. Berikut ini tampilan halaman depan aplikasi

4. Pilih menu simulasi untuk menghitung kemudian akan muncul 2 pilihan menu seperti gambar berikut, pilih estimasi TMT BUP

5. Masukkan Nomor Induk Pegawai (NIP) Bapak dan Ibu. Kemudian klik CARI, tunggu beberapa saat karena biasanya membutuhkan beberapa waktu untuk mengambil data Bapak dan Ibu dari server.

6. Jika data yang Bapak dan Ibu masukkan benar, maka akan muncul tampilan estimasi seperti berikut

Data yang muncul berupa Nama, Besaran dana Tunjangan Hari Tua, Pensiun. Perhitungan yang muncul berdasarkan estimasi gaji yang diperoleh saat ini.

Apabila terdapat perbedaan data karena kenaikan gaji pokok, kenaikan pangkat maupun gaji berkala maka Bapak dan Ibu dapat menghubungi call center untuk perubahan data.

Demikianlah cara singkat dan mudah mengetahui estimasi hak pensiun dan tunjangan hari tua bagi Anda PNS di Indonesia. Semoga informasi ini dapat bermanfaat, apabila terjadi kendala silahkan tinggalkan komentar Anda dibawah.

9 KOMENTAR

  1. pak saya mau bertanya apabila SK PENSIUN hilang apa bisa membuat lagi ? di kantor taspen apa masih ada data-datanya ?
    Terimakasih.

  2. Pak mau tanya bagaimana cara memperbaiki data yang tertera di aflikasi Taspen berbeda dengan data yang ada pada dokumen kami, demikian penyampaian atas petunjuknya diucapkan terima kasih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.