15 Contoh Simbiosis Mutualisme

Simbiosis mutualisme berasal dari kata “mutual” yang berarti saling. Sehingga simbiosis mutualisme adalah hubungan antara dua makhluk hidup yang berbeda jenis yang saling menguntungkan. Hubungan ini bisa terjadi antara tumbuhan dengan tumbuhan, hewan dengan hewan, maupun tumbuhan dengan hewan serta manusia.

Selain simbiosis mutualisme diantaranya simbiosis parasitisme, simbiosis komensalisme, dan simbiosis amensalisme. Macam-macam simbiosis tersebut dibahas pada halaman tersendiri disertai dengan contoh bergambar.

Contoh Simbiosis Mutualisme

Berikut ini beberapa contoh simbiosis mutualisme yang terjadi di alam sekitar kita :

1Kerbau dengan Burung Jalak

https://id.pinterest.com/pin/206391595395905141/

Hubungan antara kerbau dengan buruk jalak disebut simbiosis mutualisme karena burung jalak memakan kutu yang ada ditubuh kerbau. Sehingga kerbau diuntungkan karena terhindar dari gatal sedangkan burung jalak mendapatkan makanan berupa kutu.

2Bunga dengan Lebah

https://www.coolkidfacts.com/pollination-for-kids/

Simbiosis mutualisme yang terjadi antara bunga dan lebah karena lebah membantu penyerbukan bunga. Sedangkan bunga memberikan nektar yang dibutuhkan lebah. Prosesnya terjadi ketika lebah hinggap pada bunga untuk mengambil nektar. Pada saat yang sama serbuk sari juga menempel pada tubuh lebah, dan ketika lebah berpindah ke bunga lain maka terjadilah proses penyerbukan pada bunga.

3Bunga dengan Kupu-Kupu

https://www.coolkidfacts.com/pollination-for-kids/

Seperti halnya dengan lebah, kupu-kupu juga mengambil nektar pada bunga.

Prosesnya juga sama persis dengan yang terjadi dengan lebah yaitu bunga dibantu penyerbukannya oleh lebah, sedangkan lebah mendapatkan nektar untuk makanan kupu-kupu

4Semut Rangrang dengan Tumbuhan

https://www.flickr.com/photos/raghavendramohanphotography/8722668118/

Semut Rangrang merupakan salah satu serangga yang membuat sarang pada daun tanaman buah-buahan. Keberadaan semut ini sangat menguntungkan tumbuhan-tumbuhan tersebut. Hal ini dikarenakan semut rangrang akan melindungi tumbuhan dari serangan hama yang merusak tanaman.

Sedangkan semut rangrang juga diuntungkan karena dapat membuat sarang pada daun tumbuhan.

5Tanaman Polong-Polongan dengan Bakteri

fineartamerica.com

Bakteri Rhizobium leguminosarum merupakan bakteri yang berperan dalam menyuburkan tanah dengan cara mengikat Nitrogen dari udara bebas. Dampak positifnya tanaman polong-polongan akan menjadi lebih subur. Sedangkan bakteri Rhizobium leguminosarum mendapatkan makanan dari akar tanaman polong-polongan.

6Flagellata dengan Rayap

http://www.aptibet.org

Ketika rayap memakan kayu, maka akan terbayang kerasnya kayu masuk dalam pencernaan rayap. Disinilah flagellata yang hidup dalam usus rayap mengeluarkan enzim selulosa yang dapat membuat partikel kayu yang keras menjadi lebih lunak. Sehingga kayu tersebut dapat dicerna oleh tubuh rayap. Sedangkan flagellata juga diuntungkan karena dapat hidup dalam tubuh rayap

 

7Manusia dengan Bakteri E. Coli

peerscientist.com

Seperti halnya rayap dengan flagellata, simbiosis yang hampir serupa juga terjadi antara manusia dengan bakteri Escherichia Coli atau biasa disebut dengan bakteri E.Coli. Perbedaanya bakteri E. Coli berperan dalam mengurangi pertumbuhan bakteri jahat, membantu proses produksi vitamin K, serta mempercepat proses pembusukan makanan di dalam usus besar.

8Ikan Badut dengan Anemon Laut

geographical.co.uk

Simbiosis mutualisme juga terjadi antara ikan badut atau sering dikenal anak dengan Nemo dengan anemon laut. Ikan badut memakan parasit yang menempel pada tentakel anemon laut. Sedangkan ikan badut mendapat perlindungan dengan bersembunyi diantara tentakel anemon laut yang dapat menyengat ikan lain.

9Petani dengan Burung Hantu

calricewaterbirds.org

Kita akan sering menjumpai dikawasan persawahan yang luas terdapat sangkar-sangkar kecil tempat berlindung burung hantu yang dibuat para petani. Hal ini dilakukan karena petani diuntungkan dengan predator alami tikus yaitu burung hantu. Dampaknya akan memberikan hasil panen yang lebih baik karena populasi tikus akan berkurang.

10Burung Pelatuk dengan Semut

steemit.com

Burung pelatuk merupakan salah satu burung yang membuat sarang dengan membuat lubang pada dahan pohon. Biasanya burung pelatuk memilih pohon yang ditinggali semut, karena semut akan melindungi telur-telur burung pelatuk dari pemangsa ketika telur tersebut ditinggal mencari makanan. Sedangkan semut juga diuntungkan karena mendapat perlindungan burung pelatuk dari pemangsa semut.

11Rafflesia dengan Lalat

www.slate.com

Salah satu bunga asli indonesia ini juga mengalami hubungan simbiosis mutualisme dengan lalat. Hubungan ini terjadi ketika lalat hinggap pada bunga Raflesia Arnoldi, maka berpindahnya lalat akan membantu penyerbukan. Sedangkan lalat akan mendapat sari makanan yang berasal dari bunga Raflesia arnoldi.

Baca Juga : Apa Saja Perbedaan Bunga Bangkai dengan Bunga Raflesia ?

12Semut dengan Kutu Daun

pinterest.com

Simbiosis mutualisme terjadi pada semut dengan kutu daun. Semut mengumpulkan dan mengatur perkembangan kutu daun yang dapat menghasilkan cairan zat gula yang dapat bermanfaat bagi semut. Sedangkan kutu daun memperoleh perlindungan dari predator serta dibantu semut memperoleh rumput yang lebih segar.

13Kantong Semar dengan Kelelawar

cornerofthecabinet.com

Kelelawar berbulu wol menjadikan kantong semar sebagai tempat berlindung ketika siang hari yang terik. Sedangkan kantong semar mendapatkan makanan dari kotoran kelelawar berbulu wol ketika seharian berlindung didalamnya.

14Zebra dengan Burung Oxpecker

fromthegrapevine.com

Seperti halnya burung jalak dengan kerbau. Terjadi pula hubungan simbiosis mutualisme antara burung Oxpecker dan zebra. Zebra diuntungkan karena burung oxpecker akan hinggap ditubuh zebra dan memakan parasit serta kutu yang tinggal dikulit zebra sehingga tidak gatal lagi. Sedangkan burung oxpecker untung karena mendapatkan makanan berupa kutu dan parasit.

15Buaya dengan Burung Plover

warrenphotographic.co.uk

Keuntungan bagi burung plover ketika buaya mengeluarkan panas tubuhnya dengan cara membuka mulutnya untuk beberapa waktu, burung plover datang untuk memakan sisa-sisa makanan yang menempel pada mulut dan gigi buaya. Sedangkan keuntungan bagi buaya, mulutnya menjadi bersih dari sisa-sisa makanan.

Demikian kumpulan contoh-contoh simbiosis mutualisme, apabila Anda menemukan contoh lain silahkan tuliskan dikolom komentar dan akan segera kami tambahkan dalam daftar diatas. Terima kasih

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.