Pinalti atau Penalti, Yang Benar Adalah

Manakah yang termasuk kata baku dan kata tidak baku antara pinalti atau penalti? Sebagai bangsa yang besar, kita harus menghargai dan menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam kehidupan sehari-hari. Manakah yang sebaiknya digunakan dalam kehidupan sehari-hari antara pinalti atau penalti?

Mana Yang Benar, Pinalti atau Penalti?

Untuk mengetahui kata baku dan benar untuk digunakan kita harus membuka kamus. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) kata yang baku antara pinalti atau penalti adalah penalti.

Sehingga kata bakunya adalah penalti dan kata tidak bakunya adalah pinalti

Arti kata penalti menurut KKBI adalah

  • tendangan atau tembakan hukuman karena melanggar peraturan permainan di daerah depan gawang pada batas tertentu (dalam sepak bola, polo air, dan sebagainya)
  • hukuman; denda (karena lalai membayar pajak, utang, dan sebagainya)

Kata penalti sering terdengar dalam bidang olahraga. Sering diucapkan saat terjadi pelanggaran didalam kotak yang menyebabkan hukuman tendangan dari titik putih didepan gawang.

Selain dalam bidang olahraga, kata penalti juga digunakan dalam bidang keuangan. Seperti terlambat membayar pajak atau utang sehingga memperoleh penalti dalam bentuk denda.

Kata ini berasal dari bahasa inggris penalty. Kemudian sering digunakan dalam kegiatan sehari-hari sehingga akhirnya diserap kedalam bahasa indonesia menjadi penalti.

Semoga informasi ini memberikan manfaat dan tambahan pengetahuan bagi pembaca. Masih memiliki kata yang rancu apakah baku atau tidak baku? silahkan tuliskan dikolom komentar untuk mendapatkan jawabannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.