Perbedaan Magma, Lava, dan Lahar

Dalam ilmu pengetahuan tentang gunung api dikenal dengan magma, lava, dan lahar. Tiga istilah ini seringkali terbalik-balik dalam penggunaanya dikarenakan pemahaman yang berbeda-beda. Untuk menambah pengetahuan, berikut ini penjelasan tentang perbedaan magma, lava, dan lahar.

Perbedaan Magma, Lava, dan Lahar

1. Magma

sumber gambar : https://www.geologyin.com/2015/08/magma-characteristics-types-sources-and.html

Magma adalah lelehan batuan pada kerak bumi yang sangat panas (KBBI). Magma merupakan kumpulan batuan-batuan cair yang terletak di dalam perut bumi. Susunan magma diantaranya silika bersuhu tinggi yang komplek.

Baca Juga : Panduan Menulis Angka Romawi dengan Mudah

Di dalam perut bumi, magma memperoleh tekanan yang sangat besar dari tumbukan lempeng-lempeng bumi sehingga membentuk celah keluar melalui patahan lempeng bumi atau gunung berapi dalam bentuk lava. Berbagai macam batuan beku dibentuk dari magma.

2. Lava

Lava adalah bahan vulkanis cair berupa magma pijar dengan suhu tinggi yang mengalir keluar dari perut bumi melalui gunung berapi atau melalui patahan lempeng bumi yang selanjutnya membeku menjadi batuan dengan berbagai macam bentuk.

Lava yang membeku dapat memperbesar ukuran gunung berapi menjadi semakin luas dan menjulang tinggi ukurannya.

3. Lahar

sumber gambar : http://nasional.republika.co.id/berita/nasional/jawa-timur/14/02/19/n18rpd-aliran-lahar-dingin-gunung-kelud

Lahar adalah aliran material vulkanik yang berupa campuran batu baik yang berukuran besar maupun sedang, pasir dan kerikil akibat adanya hujan yang terjadi di lereng gunung berapi. Aliran lahar biasa terjadi saat musim penghujan.

Aliran lahar sangat berbahaya bagi masyarakat yang tinggal disepanjang aliran sungai yang dilewatinya karena biasanya datang dengan tiba-tiba dan sangat merusak. Kemampuan merusak dari aliran lahar disebabkan karena air yang bercampur dengan berbagai material vulkanik bergerak dengan cepat dan dalam jumlah yang besar.

Kesimpulan

Menyimak penjelasan diatas dapat ditarik penjelasan bahwa perbedaan magma, lava, dan lahar terletak pada posisi dan bentuk batuan cair yang berasal dari perut bumi tersebut.

Jika masih berupa batuan cair yang ada di dalam perut bumi dinamakan magma. Ketika magma keluar masih dalam kondisi cair dan panas dari perut bumi yang biasanya melewati gunung berapi dinamakan lava. Dan ketika berubah bentuk menjadi lumpur batuan dinamakan lahar. Lahar jika terkena air hujan maka akan mengalir menjadi lahar dingin.

3 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.