Penyakit Tulang Yang Umum Diderita Manusia

Pernahkah anda memperhatikan beberapa orang yang mengalami gangguan pada tulangnya? Beberapa dapat digolongkan pada kelainan tulang dan selebihnya dapat digolongkan pada penyakit tulang.

Gangguan pada tulang digolongkan kelainan tulang jika disebabkan oleh kebiasaan-kebiasaan yang mempengaruhi pertumbuhan tulang tersebut. Sedangkan digolongkan kedalam penyakit tulang jika disebabkan oleh virus, bakteri, maupun faktor luar lainnya.

Penyakit Tulang

Berikut ini beberapa penyakit yang dapat menyerang tulang manusia secara umum perlu diketahui. Penyakit ini dapat menimbulkan berbagai macam gangguan yang cukup serius karena biasanya berdampak permanen.

1. Polio

Polio merupakan penyakit tulang yang disebabkan oleh virus polio. Tanpa penanganan medis yang cepat virus polio dapat menyebabkan kelumpuhan permanen. Polio biasanya menyerang bagian kaki sehingga menyebabkan penderita tidak bisa berjalan.

Penyakit ini dapat menular melalui makanan dan air yang terinveksi virus polio. Cara pencegahannya melalui vaksin polio.

2. Rakitis

Rakitis adalah penyakit yang menyebabkan tulang menjadi lunak. Sehingga tulang kakinya melengkung membentuk huruf O atau X. Penyakit ini disebabkan karena gangguan dan kekurangan vitamin D. Rakitis biasa dialami oleh anak-anak yang mengalami gizi buruk tetapi bisa juga menyerang orang dewasa.

Penyakit ini dapat disembuhkan dengan meningkatkan asupan vitamin D, kalsium, serta peningkatan penyerapan sinar matahari pagi.

3. Osteoporosis

Osteoporosis adalah penyait tulang keropos disebabkan oleh penurunan masa dan kualitas jaringan tulang yang menjadikannya mudah retak dan patah. Penyakit ini biasanya menyerang orang lanjut usia. Lebih banyak pada wanita yang telah memasuki masa menopause. Tetapi juga bisa menyerang pria lanjut usia.

Osteoporosis dapat dicegah dengan peningkatan konsumsi vitamin D. Selain itu juga bisa dengan melakukan olahraga secara rutin.

4. Rematik

Rematik adalah penyakit yang menyebabkan rasa sakit pada persendian. Rematik timbul karena penyakit autoimun. Autoimun adalah penyakit yang disebabkan oleh sistem kekebalan tubuh yang menyerang tubuhnya sendiri.

Rematik dapat ditandai dengan kaku dan bengkak pada persendian. Jika tidak segera diobati maka dapat menyebabkan nyeri yang luar biasa pada persendian.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.