Jenis-Jenis Penyerbukan Pada Tumbuhan Disertai Contoh

Pada proses perkembangbiakan generatif pada tumbuhan, alat perkembangbiakan utamanya yaitu bunga. Pada bunga terjadi proses penyerbukan dan pembuahan. Penyerbukan adalah proses berpindahnya serbuk sari sampai pada kepala putik. cara perpindahan serbuk sari ini digolongkan kedalam jenis-jenis penyerbukan.

Jenis-Jenis Penyerbukan

Berdasarkan asal serbuk sari. Penyerbukan dibedakan menjadi empat yaituJenis-Jenis Penyerbukan Pada Tumbuhan

1. Penyerbukan Sendiri

Penyerbukan sendiri adalah penyerbukan yang terjadi dalam satu bunga itu sendiri. Artinya serbuk sari yang jatuh ke kepala putik pada bunga itu sendiri.

Contoh penyerbukan sendiri terjadi pada mangga, jambu, rambutan

2. Penyerbukan Tetangga

Penyerbukan tetangga adalah penyerbukan yang terjadi antar bunga dalam satu tumbuhan. Artinya serbuk sari jatuh ke kepala putik pada bunga lain, tetapi bunga tersebut masih terletak dalam tumbuhan itu sendiri.

Contoh penyerbukan tetangga terjadi pada mawar merah, mawar putih, padi, dan jagung

3. Penyerbukan Silang

Penyerbukan silang adalah penyerbukan yang terjadi antar bunga tetapi berbeda tumbuhan yang masih satu jenis. Artinya serbuk sari jatuh pada kepala putik bunga lain yang berbeda tumbuhan tapi masih pada jenis yang sama.

Contoh penyerbukan silang terjadi pada melinjo, kamboja dan pinus.

4. Penyerbukan Bastar

Penyerbukan bastar adalah penyerbukan yang terjadi antar bunga yang berbeda varietasnya. Artinya serbuk sari jatuh pada kepala putik bunga lain yang sejenis tapi berbeda varietasnya. Penyerbukan ini bisa menghasilkan varietas maupun spesies baru.

Contoh penyerbukan bastar terjadi antara mawar merah dengan mawar putih, lili kuning dengan lili merah mudah, jambu isi putih dengan jambu isi merah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.