Jaman atau Zaman, Yang Benar Adalah

Manakah yang termasuk kata baku dan kata tidak baku antara jaman atau zaman? Ini merupakan salah satu kata yang sering salah dalam penggunaannya. Sudah semestinya menghargai dan menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam kehidupan sehari-hari. Manakah yang sebaiknya digunakan dalam kehidupan sehari-hari antara jaman atau zaman?

Mana Yang Benar, Jaman atau Zaman?

Untuk mengetahui kata baku dan benar untuk digunakan kita harus membuka kamus. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) kata yang baku antara jaman atau zaman adalah zaman.

Sehingga kata bakunya adalah zaman dan kata tidak bakunya adalah jaman

Arti kata zaman mengutip dari KKBI adalah

  • jangka waktu yang panjang atau pendek yang menandai sesuatu; masa: — kekuasaan Nazi di Jerman
  • bentuk kiasan dari zaman diantaranya kala; waktu: akhir — penghabisan masa kehidupan kita— sudah tua peristiwa yang aneh-aneh banyak terjadiketinggalan — sudah tidak sesuai lagi dengan keadaansampai akhir — selama-lamanyasudah dimakan —tidak cocok dengan kemauan — tidak cocok dengan keadaan zaman sekarang

Kata zaman sering terdengar pada cerita dongeng pada buku maupun secara verbal. Sebagai contoh penggunaan kata zaman dalam kalimat diantaranya

  • Pada zaman dahulu, ketika sang raja telah wafat.
  • Sebagai generasi mudah harus dapat mengikuti perkembangan zaman dengan bijaksana.

Semoga informasi ini memberikan manfaat dan tambahan pengetahuan bagi pembaca. Masih memiliki kata yang rancu apakah baku atau tidak baku? silahkan tuliskan dikolom komentar untuk mendapatkan jawabannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.