Inovasi Surat Pertanggungjawaban (SPJ) BOS Menggunakan TIK

Bagi Bapak dan Ibu yang sering bergelut dengan laporan keuangan pasti sering membuat SPJ. SPJ merupakan singkatan dari Surat Pertanggungjawaban, yang dibuat untuk melaporkan penggunaan uang yang diterima sekolah.

Seringkali Bapak dan Ibu bendahara harus terganggu tugasnya karena repotnya membuat SPJ dan harus meninggalkan tugas utamanya. Berangkat dari hal itu pemerintah melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) sedang melakukan pengkajian serta perbaikan terkait Sistem Pertanggungjawaban dalam penggunaan keuangan negara.

Baca juga : Gaji ASN tahun 2017
Hal ini juga didukung pernyataan Presiden Jokowi yang menghendaki SPJ harus dibuat semudah mungkin sehingga pelayanan yang diberikan kepada masyarakat pun dapat lebih maksimal.Menpan RB, Asman Abnur membuat target untuk tahun depan sistem SPJ akan disempurnakan serta diperbaiki, sehingga Bapak dan Ibu bendahara tidak lagi hanya disibukkan dan menghabiskan waktu dengan urusan SPJ.

Menurut Menteri, ke depan laporan SPJ harus menggunakan sistem teknologi informasi (TI), dengan menggunakan format yang sama hanya tinggal mengisi data kemudian mengentry. Sesuai dengan arahan Presiden, diharapkan seluruh Kementerian dan Lembaga harus konsentrasi pada hasil bukan pada proses.

Mari kita tunggu saja inovasi yang dibuat pemerintah terkait dengan pelaporan keuangan, harapannya sistem yang dibuat pemerintah dapat memudahkan Bapak dan Ibu terutama bendahara dalam bekerja.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.