Contoh Dokumen Permohonan Mutasi Guru

Bermula dari pengalaman pribadi untuk mengajukan permohonan Mutasi dengan harapan mendekatkan diri dengan keluarga. Untuk memperlancar hal tersebut, kami mencoba berkomunikasi dengan kepala sekolah yang kemudian disarankan untuk berkonsultasi dengan pihak Dinas Pendidikan Kabupaten pada bagian Guru dan Tenaga Kependidikan.

Dari hasil konsultasi tersebut kami memperoleh informasi jika guru ingin mengajukan mutasi maka harus mempertimbangkan sekolah yang akan ditinggalkan. Apakah jumlah guru masih mencukupi jika ditinggalkan, karena jangan sampai dengan mutasi penulis maka menjadikan masalah bagi sekolah yang ditinggalkan. Dan apabila jumlah guru kurang maka solusinya kita harus aktif mencari pengganti supaya proses mutasi dapat segera dikabulkan.

Pada kasus ini, sekolah akan kekurangan guru jika kami mengajukan mutasi. Maka jalan terbaik adalah aktif mencari guru yang mau menggantikan posisi kami dalam artian tukar tempat kerja. Era digital seperti sekarang ini sangat memudahkan guru untuk saling berkomunikasi, melalui media social akhirnya kami memperoleh rekan guru yang siap untuk saling mengisi posisi.

Baca Juga : Informasi Resmi Pendaftaran CPNS 2017

Berkas Mutasi Guru

Akhirnya kami kembali melakukan konsultasi untuk memperoleh informasi syarat-syarat yang diperlukan untuk proses mutasi ini. Berikut ini dokumen-dokumen permohonan mutasi yang harus dilengkapi guru :

1. Surat Permohonan (klik untuk download)
2. Rekomendasi Kepala Sekolah (klik untuk download)
3. Data Nominatif dan Formasi Guru (klik untuk download)
4. Daftar Riwayat Hidup (DRH) (klik untuk download)

Kemungkinan syarat-syarat akan bertambah jika mutasi dilakukan antar kabupaten atau antar provinsi. Selain itu dibeberapa kabupaten dan provinsi diberlakukan tes untuk dapat masuk.

Sarana Informasi Mutasi Guru

Karena besarnya kunjungan kehalaman ini penulis persilahkan Bapak dan Ibu meninggalkan komentar menggunakan G+ dibawah dengan menyertakan kabupaten yang ingin Bapak dan Ibu jadikan tujuan, siapa tahu nantinya ada yang berkeinginan saling tukar tempat.

Bapak dan Ibu juga bisa membagikan pengalaman mengurus proses mutasi dan jika ada dapat juga disertakan dokumen-dokumen yang diperlukan dalam pengurusan mutasi tersebut.

Semoga informasi ini bermanfaat bagi Bapak dan Ibu guru yang akan mengajukan permohonan mutasi.

3 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.