Administrasi Syarat Persiapan Pembelajaran Tatap Muka Setelah Covid

Covid-19 telah mengubah banyak hal dalam kehidupan kita, termasuk dalam bidang pendidikan. Sudah lebih dari 1 tahun pembelajaran tatap muka di sekolah ditiadakan untuk mencegah penyebaran covid-19 diganti dengan pembelajaran daring. Dampaknya tentu saja sangat besar bagi pendidikan, pembelajaran daring tidak dapat menggantikan pembelajaran tatap muka. Banyak nilai-nilai yang tidak dapat tersalurkan melalui daring, sehingga pembelajaran tatap muka harus segera dilaksanakan. Untuk mendukung hal tersebut sekolah harus mempersiapkan berbagai administrasi sebagai syarat pembelajaran tatap muka, agar pembelajaran tatap muka aman bagi peserta didik dan guru.

Terdapat dua hal yang harus dipersiapkan secara bersamaan sebelum pembelajaran tatap muka diadakan. Persiapan tersebut yaitu dalam bentuk administrasi dan sarana prasarana.

Administrasi Persiapan Pembelajaran Tatap Muka

Beberapa administrasi sebagai syarat pembelajaran tatap muka telah kami rangkum dalam empat hal yaitu:

A. Surat Kesiapan Tatap Muka

Surat kesiapan tatap muka dibuat oleh kepala sekolah yang menunjukkan bahwa sekolah sudah memenuhi syarat dan sarana untuk melaksanakan tatap muka. Surat tersebut ditandatangani kepala sekolah.

Berikut contoh surat kesiapan tatap muka yang bisa diunduh: Download surat kesiapan tatap muka

B. Surat Izin Tatap Muka

Surat izin tatap muka berisi izin dari satgas covid tingkat kecamatan tempat sekolah berdiri. Surat ini menunjukkan bahwa satgas tingkat kecamatan telah melakukan pengecekan dan verifikasi terhadap sekolah yang akan melaksanakan tatap muka. Serta menunjukkan bahwa sekolah telah memenuhi kriteria dari satgas covid.

Berikut contoh surat izin tatap muka yang bisa diunduh: Download surat izin tatap muka

C. Surat Persetujuan Orang Tua Peserta Didik

Surat persetujuan orang tua peserta didik berisi persetujuan orang tua bahwa anaknya akan mengikuti tatap muka di sekolah dengan mengikuti protokol kesehatan. Dalam surat tersebut terdapat identitas orang tua dan peserta didik.

Berikut contoh surat persetujuan orang tua peserta didik yang bisa diunduh: Download surat persetujuan orang tua

D. SOP Tatap Muka

Standar Operasional Prosedur (SOP) merupakan pedoman baku yang harus diikuti sebelum, selama di sekolah, dan setelah selesai kegiatan tatap muka. Pada SOP ini terdapat dua prosedur yaitu prosedur mengantar dan menjemput, serta prosedur selama pembelajaran.

Berikut contoh SOP kegiatan belajar tatap muka yang bisa diunudh: Download SOP tatap muka

Baca Juga : Aplikasi Excel Menghitung Usia Peserta Didik Secara Otomatis

Sarana Prasarana Syarat Pembelajaran Tatap Muka

1. Sarana Cuci Tangan

Sekolah memiliki sarana untuk cuci tangan menggunakan air mengalir dan sabun cair atau hand sanitizer di berbagai lokasi strategis seperti pintu gerbang, depan ruang kelas/guru/karyawan, aula, tempat ibadah, kantin, toilet, dan ruangan penunjang lainnya.

2. Thermogun

Sekolah memiliki alat pengukur suhu (thermogun) untuk memastikan setiap orang yang masuk lingkungan sekolah suhu badannya tidak melebihi 37 derajat celsius.

3. Jalur Masuk dan Keluar

Sekolah menyediakan peta petunjuk alur masuk dan keluar warga sekolah. Bisa dalam bentuk papan penanda yang mudah terlihat dan mudah dipahami peserta didik.

4. Penataan Lingkungan Belajar

Sekolah melakukan penataan sedemikian rupa terhadap tempat belajar peserta didik sehingga jarak antar peserta didik dapat selalu terjaga. Serta memberikan ruang sirkulasi yang baik saat kegiatan tatap muka di dalam kelas berlangsung.

5. Masker Cadangan

Sekolah menyediakan masker cadangan untuk mengantisipasi pengganti masker rusak atau kotor saat berada di lingkungan sekolah. Masker harus mudah dijangkau guru dan peserta didik.

Demikianlah beberapa administrasi dan sarana prasarana yang sebaiknya disediakan sekolah untuk mendukung kegiatan belajar tatap muka. Semoga beberapa contoh syarat untuk diadakannya tatap muka tersebut dapat memberikan kita gambaran kesiapan sekolah dalam menghadapi pandemi.

ARTIKEL TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.