Aplikasi Analisis Jawaban Latihan USBN Kelas 6

Melihat perkembangan siswa dalam penguasaan kisi-kisi soal sangat penting baik bagi guru, orang tua, maupun siswa itu sendiri. Dengan menggunakan aplikasi analisis jawaban ini guru akan mengetahui soal-soal mana saja yang telah maupun yang belum dikuasai oleh siswa. Aplikasi ini sangat bermanfaat untuk melakukan analisa terhadap latihan/tryout USBN bagi kelas 6.

Sebagai alat analisis, kami menyediakan aplikasi dengan 2 platform yang berbeda. Meskipun menggunakan platform yang berbeda tetapi lembaran-lembaran dan rumus didalamnya sama persis.

1. Aplikasi Analisis Jawaban Offline

Aplikasi pertama disusun menggunakan microsoft excel yang telah dikenal pada umumnya. Bapak dan Ibu Guru tidak perlu melakukan adaptasi lagi. Meskipun demikian aplikasi ini tidak dapat digunakan secara online. Sehingga orang tua maupun siswa sendiri tidak dapat memantau secara langsung.

Untuk menggunakan aplikasi berbasis excel, Anda cukup melakukan pengunduhan melalui link berikut ini:

Analisis Jawaban Siswa dengan Excel

2. Aplikasi Analisis Jawaban Online

Aplikasi yang kedua disusun menggunakan google spreadsheet yang dapat digunakan secara online. Kelebihan aplikasi ini, guru dapat mengundang orang tua maupun siswa untuk mengamati dan mengakses secara langsung baik melalui komputer maupun gawai/gadget dimanapun tempatnya.

Jika Anda menggunakan komputer, maka cukup menggunakan peramban/browser yang ada seperti google chrome. Jika menggunakan gawai/gadget maka terlebih dahulu mengunduh aplikasi melalui playstore dengan nama google spreadsheet atau klik disini. Anda akan langsung diarahkan pada aplikasi tersebut.

Berikut ini kami sediakan tiga tautan/link untuk mengakses aplikasi analisis jawaban versi online. Anda akan diposisikan sebagai orang tua atau siswa yang hanya dapat memantau tetapi tidak dapat mengubah data didalamnya.

Bahasa Indonesia | Matematika | IPA

Jika Anda sebagai guru dan ingin mencoba menggunakan aplikasi ini silahkan tinggalkan email pada kolom komentar dibawah. Kami akan buatkan salinannya dengan gratis.

3. Pedoman Penggunaan Aplikasi

Agar dapat menggunakan aplikasi analisis jawaban ini dengan lancar, maka perlu diperhatikan beberapa langkah berikut:

a. Pengunduhan

– Excel

Untuk mengunduh cukup melakukan klik pada link aplikasi analisis jawaban siswa dengan excel di atas. Akan terbuka jendela baru yang berisi 3 file yaitu analisis bahasa Indonesia, analisis matematika, dan analisis IPA. Silahkan klik kanan pada file tersebut dan pilih unduh/download.

– Google Spreadsheet

Tidak seperti pada aplikasi excel, untuk menggunakan aplikasi ini Anda harus memberikan alamat email pada kami melalui kolom komentar. Selanjutnya akan kami buatkan salinan seperti contoh aplikasi di atas dan akan kami kirimkan melalui email tersebut.

Setelah menerima email dari kami, maka selanjutnya Anda dapat menyimpan file tersebut dalam jaringan google drive yang dapat digunakan secara gratis.

b. Penggunaan

Pada sisi penggunaan baik versi excel maupun spreadsheet tidak memiliki perbedaan. Berikut ini hal-hal yang perlu Anda lakukan:

  • Silahkan pilih mata pelajaran yang akan digunakan, terdapat 3 mata pelajaran yaitu Bahasa Indonesia, matematika, dan IPA. Setiap mata pelajaran memiliki batasan jumlah soal yang berbeda.
  • Setelah terbuka, isikan Nama SD, Jumlah Peserta, dan KKM mata pelajaran dilanjutkan data siswa berupa Nomor Peserta (jika ada) dan Nama Siswa, semua ada pada sheet identitas.
  • Selanjutnya berganti pada sheet Kunci Jawaban. Pada sheet ini silahkan masukkan kunci jawaban dari mata pelajaran tersebut sesuai dengan nomor yang tersedia.
  • Terakhir, masuk pada sheet Jawaban Siswa. Pada sheet ini silahkan masukkan jawaban dari seluruh siswa sampai selesai.

Jika Anda telah melakukan hal-hal di atas, maka pada sheet Nilai Siswa, Rekomendasi Siswa, dan Rekomendasi Butir Soal akan terisi dengan sendirinya. Pastikan untuk tidak mengubah-ubah rumus yang tersedia agar hasilnya valid.

Semoga aplikasi ini dapat bermanfaat bagi guru, orang tua, maupun siswa. Hal ini semata-mata dalam rangka peningkatan kompetensi siswa kelas 6 dalam menghadapi USBN.

10 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.