Susunan Acara Doa Bersama Menjelang Ujian

Sudah menjadi kebiasaan di sekolah menjelang ujian kita mengadakan acara doa bersama. Doa bersama ini biasanya juga dibarengi dengan acara motivasi. Acara ini bertujuan untuk meningkatkan rasa iman, percaya diri, dan mempererat hubungan antara anak, orang tua, dan guru. Agar pelaksanaan motivasi dan doa bersama berjalan lancar maka memerlukan susunan acara doa bersama yang baik.

Susunan Acara Doa Bersama

Berikut ini contoh susunan acara doa bersama dan motivasi yang bisa Bapak dan Ibu gunakan:

SUSUNAN ACARA DOA BERSAMA DAN MOTIVASI

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Yang terhormat ……. selaku kepala sekolah …….
Yang kami hormati ……. selaku ketua komite sekolah
Yang kami hormati ……. selaku pembicara utama
Yang kami hormati Bapak dan Ibu Guru …….
Yang kami hormati Bapak dan Ibu Orang Tua Murid Kelas …….
Serta siswa kelas ……. yang kami cintai dan banggakan

Pada kesempatan yang bahagia ini, marilah kita panjatkan Puji Syukur Kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya kepada kita semua, sehingga pada kesempatan hari ini, kita dapat melaksanakan acara motivasi dan doa bersama tahun ……..

Shalawat serta salam kita haturkan kepada junjungan Nabi Besar Muhammad SAW yang senantiasa kita tunggu syafaatnya di yaumul kiyamah kelak.

Hadirin yang berbahagia,

Supaya acara pada hari ini berjalan dengan baik dan lancar, perkenankanlah saya selaku pembawa acara, membacakan susunan acara sebagai berikut:

  1. pembukaan
  2. sambutan kepala sekolah
  3. sambutan ketua komite
  4. motivasi dan doa bersama
  5. penutup

Pembukaan

Agar apa yang kita lakukan hari ini membawa keberkahan bagi kita. Marilah kita buka acara pada hari ini dengan bacaan Basmallah, Bismillahirrohmanirrohim……

Sambutan-Sambutan

Acara yang kedua yaitu sambutan , sambutan yang pertama akan disampaikan beliau Kepala Sekolah ……., kepada …….. kami persilahkan …………………… terima kasih atas sambutannya.

Sambutan yang kedua dari ketua komite sekolah, kepada ……. Kami persilahkan ………….terima kasih atas sambutannya.

Acara Inti

Acara selanjutnya yaitu Motivasi dan doa bersama yang akan disampaikan beliau …….., kepada …….. kami persilahkan………………………

Terima kasih atas motivasi dan doa yang telah disampaikan …….. semoga apa yang beliau sampaikan masuk dalam pikiran dan hati kita sehingga dapat memberikan dampak positif bagi kita semua.

Penutup

Hadirin, berbagai rangkaian acara telah kita lalui, Saya selaku pembawa acara sekaligus wali kelas ……., mengucapkan terima kasih atas perhatian dan segala bentuk bantuan hingga terlaksananya acara ini. Dan kami mohon maaf apabila selama acara ini berlangsung masih terdapat banyak kekurangan.

Sebagai penutup, kami akan mengutip perkataan dari Syaikh Muhammad Shalih Al-Munajjid, ulama Saudi modern, “Hal penting yang perlu didengarkan oleh anak-anak kita pada zaman ini adalah doa orang tua mereka untuk kemudahan dan kesuksesan putra-putrinya. Ini adalah sebab datangnya taufik, ketenangan, dan bertambahnya cinta dan kasih sayang anak pada orang tua.”

Akhir kata wabilahi taufik wal hidayah Wassalamualaikum Wr Wb.

Download

Draft acara motivasi dan doa bersama di atas kami kemas dalam file berbentuk word yang bisa Bapak dan Ibu unduh melalui link berikut: Susunan Acara Motivasi dan Doa Bersama. Semoga dapat bermanfaat bagi Bapak dan Ibu. Selain itu terdapat pula pidato perpisahan yang dapat dijadikan rujukan bagi siswa kelas VI, IX, maupun XII untuk kegiatan akhir tahun pelajaran

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.