Kumpulan Soal Membandingkan Teks Bacaan

Kumpulan soal membandingkan teks bacaan atau paragraf

Salah satu soal yang sering digunakan sebagai bahan evaluasi adalah soal membandingkan persamaan teks bacaan. Soal ini digunakan untuk mengukur kemampuan siswa dalam membaca dan memahami teks bacaan atau paragraf.

Soal Membandingkan Teks Bacaan

Pada halaman ini, akan disajikan 10 soal tentang membandingkan teks bacaan. Semoga dapat membantu kalian dalam belajar. Soal ini juga bisa digunakan sebagai bahan ulangan atau alat evaluasi berkaitan dengan materi memahami teks bacaan.

Soal Membandingkan Teks Nomor 1-5

Soal 1

Teks 1

Dudit Widodo telah sukses menjual rekaman siaran seluruh kegiatan memancingnya. Ia mendedikasikan kegemarannya untuk para penggemarnya melalui media siar. Kegiatan tidak hanya berlangsung di perairan air tawar saja melainkan sudah meliputi hampir seluruh perairan di wilayah Indonesia. Bahkan, ia sering melakukan kegiatan tersebut di mancanegara.

Teks 2

Tidak sedikit orang yang sering menghabiskan waktunya untuk sekedar mengail di embung desa itu. Mereka tidak peduli tentang hasil yang diperolehnya. Ikan kecil yang diperoleh sudah mampu menyenangkan hatinya. Dari pagi sampai malam hari para pengail setia menunggui embung tersebut. Bahkan tak jarang ada seorang ibu menjemput suaminya untuk segera pulang.

Persamaan isi kedua teks tersebut adalah ….

A. kegemaran
B. tempat
C. hasil
D. alat

Kunci jawaban: A

Soal 2

Teks 1

Petugas Dinas Kesehatan Sleman melakukan pencegahan terhadap penyakit demam berdarah. Mereka melakukan pemberantasan sarang nyamuk dengan pengasapan. Selain itu, mereka juga menggiatkan Program Dokter Kecil. Dokter kecil diberi buku pegangan tentang pemberantasan nyamuk dengan insektisida.

Teks 2

Petani di Kabupaten Bantul melakukan pemberantasan wereng. Mereka menyemprot wereng dengan obat pembasmi serangga. Sebagian lahan pertanian yang terserang wereng dapat diselamatkan. Namun demikian, ada juga yang tidak bisa diselamatkan. Akhirnya, kerugian yang dialami para petani tidak terlalu besar.

Persamaan kedua teks tersebut adalah ….

A. tempat kejadian
B. cara pemberantasan
C. penggunaan insektisida
D. pelaku pemberantasan

Kunci jawaban: C

Soal 3

Teks 1

Pembelajaran saat ini lebih banyak dilaksanakan secara daring. Baik melalui zoom, google meet, maupun webex. Ada juga yang menggunakan fasilitas WAG. Semua dilakukan untuk menyampaikan pesan kepada siswa agar siswa mendapatkan ilmu walau belajar dari rumah.

Teks 2

Pembelajaran di wilayah hijau bisa dilaksanakan secara luring. Guru dan siswa bisa bertatap muka langsung walau harus memperhatikan protokol kesehatan ketat. Sehingga dapat membantu siswa yang kesulitan mengikuti pembelajaran secara daring. Hail ini dilakukan dengan tujuan pembelajaran tersampaikan.

Persamaan kedua teks tersebut adalah ….

A. cara
B. waktu
C. tujuan
D. kegiatan

Kunci jawaban: C

Soal 4

Teks 1

Gozhali, dokter muda lulusan terbaik kampus kami berangkat ke Pulau Miangas untuk memimpin sebuah puskesmas di sana. Tekadnya hanya satu untuk mengentaskan penduduk sekitarnya dari penyakit TBC. Kegigihan dan ketekunan membuatnya lupa jika ia sudah meninggalkan kampung halamannya selama sepuluh tahun.

Teks 2

Dengan berbekal ijazah sarjana, Kartika mendirikan sekolah alam bagi anak-anak perambah hutan. Satu persatu anak yang ia jumpai diajak bergabung belajar bersama. Impiannya untuk menjadi guru di alam bebas membuatnya kuat hidup di perantauan. Kini, sudah satu dekade, Kartika mempunyai lima belas orang murid yang sangat menyayanginya.

Persamaan kedua teks bacaan tersebut adalah ….

A. asal daerah
B. jenis kegiatan
C. lama kegiatan
D. tempat kegiatan

Kunci jawaban: C

Soal 5

Teks 1

Di halaman rumah Bapak Karmiyo, diadakan pertunjukan kuda lumping. Pertunjukan tersebut sangat memukau penonton. Para pemain kuda lumping berasal dari warga sekitar. Gerakan tarian tersebut sangat eksotis. Penonton terhibur dengan pertunjukan tersebut.

Teks 2

Beberapa waktu yang lalu di pendapa rumah Ki Seno Nugroho diadakan pertunjukan wayang kulit. Pertunjukan tersebut dimainkan oleh dalang cilik, Ki Gading Pawukir Sena Putra. Penonton sangat terpukau dengan kepiawaian dalang. Kesenian tradisional ini selalu didambakan warga.

Persamaan isi paragraf tersebut adalah ….

A. pertunjukan kesenian tradisional
B. kesenian rakyat desa
C. pertunjukan kuda lumping
D. pertunjukan wayang kulit

Kunci jawaban: A

Baca juga: Kumpulan Soal Narasi, Deskripsi, Eksposisi, Argumentasi, dan Persuasi

Soal Membandingkan Teks Nomor 6-10

Soal 6

Teks 1

Tempe merupakan makanan favorit banyak orang. Bahan utama pembuatan tempe yaitu kedelai. Pembuatan tempe memerlukan kecermatan. Alat yang dibutuhkan antara lain paci, penakar, dan kompor. Harga kedelai yang cukup mahal menjadi kendala bagi usaha pembuatan tempe.

Teks 2

Kedelai dapat dimanfaatkan untuk bahan pokok pembuatan susu. Alat yang dibutuhkan antara lain blender, saringan, dan wadah. Pemasaran menjadi kendala bagi usaha pembuatan susu kedelai. Belum semua orang tertarik dengan susu kedelai.

Persamaan kedua teks tersebut adalah ….

A. alat pembuatan
B. makanan favorit
C. bahan pokok
D. kendala pembuatan

Kunci jawaban: C

Soal 7

Teks 1

Kesehatan sangat penting bagi manusia. Sebagian warga menjaga kesehatan tubuh dengan berolahraga. Olahraga dapat dilakukan di dalam atau di luar ruangan. Berolahraga, membuat tubuh menjadi lebih sehat.

Teks 2

Sayur dan buah sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. Oleh karena itu, siswa dianjurkan mengonsumsi sayur dan buah. Siswa mengonsumsi sayur dan buah di rumah atau di sekolah.

Persamaan kedua teks tersebut adalah ….

A. melakukan olahraga
B. tempat kegiatan
C. menjaga kesehatan tubuh
D. pelaku kegiatan

Kunci jawaban: C

Soal 8

Teks 1

Batik Yogyakarta memiliki ciri khas tersendiri. Batik Yogyakarta mengalami perkembangan dari waktu ke waktu, namun ciri khas aslinya tetap dipertahankan. Nilai khas itulah yang disukai oleh para peminat batik.

Teks 2

Bakpia patuk adalah makanan khas tradisional dari Kampung Patuk, Yogyakarta. Bakpia Patuk berbentuk bulat pipih. Isi bakpia Patuk beraneka rasa. Ada rasa kacang hijau, coklat, keju, dan ubi. Industri bakpia Patuk mampu mengangkat perekonomian warga.

Persamaan isi kedua teks tersebut adalah ….

A. watak
B. tokoh
C. tempat
D. kegiatan

Kunci jawaban: C

Soal 9

Teks 1

Zaki sangat gemar memancing. Hampir setiap hari libur ia memancing di sungai. Biasanya ia mendapatkan beberapa ekor ikan. Ibunya menggoreng ikan-ikan tersebut sebagai lauk.

Teks 2

Rehan pergi ke sebuah danau pada hari Senin. Ia memancing ikan di sana. Ia mendapatkan banyak ikan. Ikan yang diperolehnya akan dilepaskan ke kolam miliknya.

Persamaan kedua teks tersebut adalah … kegiatan.

A. jenis
B. waktu
C. tempat
D. pelaku

Kunci jawaban: A

Soal 10

Teks 1

Pak Soma adalah seorang petani yang tinggal di pegunungan. Setiap pukul tujuh, Pak Soma sudah berada di kebunnya. Tanaman kopi di kebunnya tumbuh subur. Ia rajin dan tidak mengenal lelah untuk mengurus kebun kopinya. Hasil panennya pun selalu melimpah.

Teks 2

Pak Sabar adalah seorang petani cabai yang tinggal di dekat pantai. Jatuh bangun dalam bertani telah ia rasakan. Sudah berkali-kali ia mengalami gagal panen dan merasakan harga jual cabai yang murah. Tapi semua itu tidak membuatnya patah semangat. Ia tetap menekuni pekerjaannya itu.

Persamaan kedua teks tersebut adalah ….

A. jenis tanaman palawija
B. keuletan pelaku kegiatan
C. kegiatan memanen hasil
D. tempat kegiatan berlangsung

Kunci jawaban: B

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: