Cara Mudah Mengembangkan Motivasi Belajar

Motivasi belajar sangat penting agar proses pembelajaran bisa dipahami oleh seorang pelajar. Sebenarnya, belajar bukanlah suatu kewajiban yang diperuntukkan oleh pelajar saja. Namun setiap orang berhak untuk selalu belajar melalui caranya masing-masing. Hidup di era modern seperti ini membuat belajar merupakan sesuatu yang mudah untuk dilakukan. Ada banyak sumber yang bisa diakses untuk belajar kapan saja dan di mana saja.

Sayangnya, untuk melakukan kegiatan belajar terkadang sangatlah susah. Apalagi jika rasa malas melanda, maka niat belajar akan kalah dengan rasa malas. Bagi Anda yang sedang dalam kegiatan belajar dan sering mengalami hambatan untuk melakukannya, Anda butuh motivasi yang kuat. Terkadang, satu motivasi saja tidaklah cukup. Berikut ini cara agar Anda bisa mendapatkan motivasi kuat sehingga lebih giat belajar.

1: Ingat tujuan belajar

Ketika Anda memutuskan untuk belajar, selalu ingat apa tujuan Anda memulainya. Jika Anda berkuliah di luar negeri untuk mendapatkan gelar atau membahagiakan orang tua, Anda perlu mengingatnya dan jadikan tujuan tersebut sebagai motivasi belajar. Ingatlah bahwa jika Anda berhasil belajar, maka Anda akan meraih mimpi yang mungkin bisa mengubah hidup Anda seterusnya.

Baca Juga : Kebiasaan Baik di Sekolah

2: Temukan passion

Motivasi yang bisa membuat Anda lebih giat dalam belajar adalah menemukan passion Anda. Ketika Anda berhasil menemukan passion dan menggabungkannya dengan mengingat tujuan belajar, itu akan menjadi kombinasi bagus agar semangat belajar.

3: Menggunakan kalimat motivasi belajar

Hal yang paling sering dijadikan motivasi untuk lebih giat belajar adalah sebuah kata-kata motivasi. Kata-kata tersebut bisa diambil dari tokoh terkenal maupun membuatnya sendiri. Kalimat motivasi yang diletakkan di buku, tembok atau di meja belajar bisa meningkatkan semangat untuk belajar.

4: Mengingat resiko

Ketika Anda bermalas-malasan untuk belajar, Anda harus mengingat resiko yang akan Anda tanggung. Tidak lulus ujian atau tes, gagal dan tertinggal materi kelas akan menjadi motivasi belajar Anda yang mungkin paling kuat. Selain itu, ingatlah bahwa ketika Anda tidak belajar, rival-rival Anda mungkin sedang belajar 10 kali lebih keras daripada Anda. resiko terkalahkan atau tersingkir bisa menjadi motivasi Anda agar selalu belajar meskipun keadaan Anda sangat sibuk atau dihinggapi rasa malas.

Pastikan mengingat resiko tidak belajar dipahami dalam jangka panjang. Sebagai contoh, Anda adalah penerima beasiswa. Resiko jika Anda tidak belajar adalah nilai Anda akan turun dan mungkin tidak lulus. Jika tidak lulus, maka beasiswa Anda mungkin akan diberhentikan. Dengan memikirkan resiko, Anda akan lebih mempunyai semangat untuk selalu belajar. Pikirkan setiap kali rasa malas belajar hinggap di diri Anda.

5: Menghadiahi diri sendiri

Salah satu yang diajarkan oleh motivator untuk bisa memperoleh motivasi belajar adalah dengan menghadiahi diri sendiri. Maksudnya adalah, Anda akan menghadiahi diri Anda sendiri jika berhasil belajar atau berhasil mendapatkan nilai yang baik sebagai hasil dari belajar yang giat. Hadiah bisa Anda tentukan sendiri, seperti berbelanja, berlibur dan lain-lain. Hal-hal menyenangkan seperti ini bisa menjadi motivasi yang bagus bagi Anda yang membutuhkan sensasi kesenangan untuk belajar.

6: Nikmati belajar

Selain cara-cara di atas, Anda juga bisa menemukan motivasi dengan cara menikmati proses belajar. Dengan menikmati proses belajar, Anda bisa lebih fokus dan menemukan motivasi tersendiri untuk selalu belajar. Pastikan Anda menikmati belajar sesuai dengan apa yang Anda suka.

Dengan informasi mengenai motivasi belajar  di atas, diharapkan Anda bisa bersemangat lagi untuk menemukan energi belajar yang tentu akan bermanfaat dalam masa depan Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.