Membuat Aplikasi Penilaian Online GRATIS

aplikasi penilaian online kependidikan.com
Menggunakan google spreadheet untuk membuat aplikasi penilaian online yang dapat dipantau siswa maupun wali murid secara langsung

Apakah Bapak Ibu Guru pernah berkeinginan untuk membuat aplikasi penilaian online yang dapat dengan mudah diakses oleh siswa / peserta didik maupun wali murid? Hal ini juga menjadi hal yang penulis dambakan sejak beberapa tahun yang lalu.

Kelebihan Aplikasi Penilaian Online

Banyak manfaat dapat diperoleh jika nilai dapat dengan cepat dan mudah diakses oleh siswa maupun wali murid.  Bagi Bapak dan Ibu Guru yang menginginkan aplikasi penilaian Kurikulum 2013 jenjang SD sesuai dengan revisi KD terbaru yang menggunakan excel dapat diunduh pada halaman aplikasi raport K13 menggunakan excel.

Aman

Faktor keamanan menjadi prioritas utama. Jangan sampai aplikasi penilaian yang telah dibuat dengan benar dapat diganti oleh pihak yang tidak bertanggungjawab. Dengan menggunakan fasilitas dari google spreadsheet maka kita dapat mengandalkan tim dari google untuk menjaga data yang telah Bapak Ibu buat. Lain halnya jika membuat aplikasi sendiri dengan hosting sendiri.

Transparan

Dengan menggunakan aplikasi penilaian secara online maka setiap siswa dan wali murid dapat dengan mudah mengetahui nilai yang diperoleh setiap harinya. Hanya dengan menggunakan HP, laptop, maupun komputer yang terhubung keinternet.

Motivasi

Mengetahui posisi nilai sendiri (siswa) dikelas setiap hari dapat memacu siswa untuk terus belajar dengan giat agar dapat menjadi unggul dikelas. Selain itu wali murid juga termotivasi untuk mendorong anak mereka memperoleh posisi yang lebih unggul dikelasnya.

Profesionalisme

Memberikan akses secara luas kepada wali murid, cara guru memberikan penilaian menjadikan guru harus bekerja disiplin. Hal ini juga menghindarkan guru dengan mengolah nilai secara manual yang cukup memakan waktu karena harus mengolah nilai yang banyak. Dengan menggunakan aplikasi penilaian online nilai akhir akan muncul secara otomatis.

Gratis

Aplikasi penilaian akan menggunakan salah satu fasilitas dari google, yaitu google spreadsheet. Google telah banyak dikenal memberikan layanan gratis dan handal. Google spreadsheet mirip dengan microsoft office excel. Sehingga bagi Bapak Ibu guru yang sudah terbiasa menggunakan akan cepat beradaptasi.

Baca juga : Pedoman penilaian siswa SD

Berikut hal-hal yang perlu dipersiapkan untuk memulai :

  1. Niat dan keinginan
  2. Laptop atau komputer
  3. Browser chrome
  4. Jaringan internet
  5. Aspek penilaian
  6. Persentase penilaian

Langkah 1

Buat email menggunakan google, bagi Bapak Ibu yang sudah menggunakan HP android pasti telah memiliki email di google. Tuliskan email Bapak Ibu dibagian komentar dibawah posting ini atau kirimkan alamat email melalui nomor Whatsapp 0857 4245 8072. Kami selanjutnya akan mengirim link aplikasi google spreadsheet melalui email.

Langkah 2

Buka google drive dengan cara mengunjungi link berikut drive.google.com. Pilih menu “Dibagikan dengan saya”, maka akan muncul aplikasi penilaian yang telah kami kirim.

Google drive berfungsi seperti flashdisk, yaitu tempat untuk menyimpan aplikasi penilaian yang Bapak Ibu buat. Sampai saat tulisan ini diterbitkan, Bapak Ibu akan memperoleh tempat penyimpanan gratis sampai dengan 15 GB.

Langkah 3

Lakukan penyesuaian pada aplikasi penilaian sesuai dengan keinginan Bapak Ibu. Segala bentuk penyesuaian akan secara otomatis tersimpan yang penting terhubung ke internet, jadi Bapak Ibu tidak perlu khawatir apabila listrik tiba-tiba padam.

Langkah 4

Berikan akses aplikasi penilaian yang telah dibuat kepada siswa atau wali murid agar dapat memantau perkembangan nilai anak mereka. Caranya dengan klik menu “Bagikan” dipojok kanan atas yang berwarna biru. Sehingga akan muncul tampilan seperti berikut :

Masukkan alamat email siswa atau wali murid yang akan diberi akses untuk dapat melihat daftar nilai yang Bapak Ibu buat. Kemudian klik gambar pensil yang ada disebelahnya dan pilih hak akses hanya untuk “Dapat melihat”. Selanjutnya klik “Beres”.

Setiap siswa atau wali murid akan memperoleh pemberitahuan serta link aplikasi penilaian yang Bapak Ibu buat melalui email yang telah didaftarkan.

Kami berharap dapat membantu Bapak Ibu guru yang ingin membuat aplikasi secara online. Tanpa perlu mengeluarkan biaya untuk membeli aplikasi maupun hosting (penyimpanan). Semua dapat dilakukan secara gratis dan mudah.

Aplikasi penilaian ini sangat jauh dari sempurna. Maka dari itu kami sangat berharap masukan, saran maupun kerjasama agar mewujudkan penilaian yang lebih baik.

Mari bagikan pengalaman Bapak Ibu guru menggunakan aplikasi penilaian online pada kolom komentar dibawah.

125 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.