Tes CPNS dengan CAT

Memasuki dunia teknologi yang semakin canggih juga dimanfaatkan dalam pemerintahan. Salah satunya dalam penerimaan CPNS. Tes CPNS saat ini dilakukan dengan sistem CAT.

Apa itu CAT ?

CAT adalah sistem seleksi CPNS menggunakan jaringan komputer sehingga peserta langsung mengerjakan pada komputer tersebut. Keunggulan sistem ini adalah soal yang tampil pada layar tidak sama satu dengan yang lain.

Sehingga akan mengurangi kecurangan yang mungkin saja bisa terjadi. Dan akhirnya akan diperoleh lulusan yang benar-benar memiliki kompetensi pada bidangnya.

 

Dalam CAT terdapat 3 tipe soal yang muncul untuk anda kerjakan, diantaranya

Tipe pertama adalah tes wawasan kebangsaan. Tujuan dari soal tipe pertama ini untuk menilai penguasaan pengetahuan dan kemampuan tentang nilai-nilai 4 Pilar Kebangsaan Indonesia, yaitu Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI.

Cakupannya adalah sistem tata negara di Indonesia, sejarah perjuangan bangsa, peranan bangsa Indonesia dalam tatanan regional maupun global, pemerintahan pusat dan daerah, dan memperhatikan kembali kemampuan berbahasa Indonesia yang baik dan benar sesuai dengan ejaan yang telah disempurnakan.

Tipe kedua adalah tes intelegensia umum. Cakupan tes intelegensia umum ada 4 diantaranya verbal yaitu a. menyampaikan informasi secara lisan maupun tulis, b. numerik yaitu kemampuan melakukan operasi perhitungan angka, c. kemampuan berpikir logis yaitu kemampuan melakukan penalaran secara runtut dan sistematis, d. kemampuan berpikir analitis, kemampuan menguraikan suatu permasalahan secara sistematik.

Tipe ketiga adalah tes karakteristik pribadi yang mencakup integritas diri, semangat berprestasi, kreativitas dan inovasi, orientasi pada pelayanan, orientasi kepada orang lain, kemampuan beradaptsi, kemampuan mengendalikan diri, kemampuan bekerja mandiri dan tuntas, kemauan dan kemampuan belajar berkelanjutan, kemampuan bekerja sama dalam kelompok dan kemampuan menggerakkan orang lain.

Bagi anda yang ingin menjadi CPNS, persiapkan diri dengan doa disertai memperkaya pengetahuan tentang tiga hal diatas. Semoga anda menjadi abdi negara yang profesional, jujur, bertanggungjawab dan netral, yakni CPNS yang memiliki karakteristik pribadi, mampu berperan sebagai perekat NKRI, memiliki intelegenisia yang tinggi dan memiliki keterlampilan, keahlian dan perilaku sesuai dengan tuntutan jabatan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.