Juknis Penulisan Ijazah 2015

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Badan Penelitian dan Pengembangan menerbitkan Petunjuk Teknis Penulisan Ijazah untuk Tahun Pelajaran 2014/2015. Juknis ini digunakan untuk pengisian ijazah yang diterbitkan untuk Pendidikan Dasar dan Menengah sesuai dengan spesifikasi ijazah asli tahun 2015 (Baca : Spesifikasi Ijazah Asli Tahun 2015).

Beberapa point yang menjadi pembahasan dalam juknis penulisan ijazah 2015 adalah :

Petunjuk Umum

Memuat penjelasan tentang penerbitan blangko ijazah merupakan satuan pendidikan yang sudah terakreditasi. Penulisan ijazah menggunakan tulisan tangan yang baik dengan memperhatikan tata penulisan Bahasa Indonesia yang baku dan benar. Ditulis menggunakan tinta hitam dan tidak boleh dicoret, ditimpa, maupun di tipe-ex. Apabila terjadi kesalahan harus diganti dengan blangko yang baru.

Petunjuk khusus pengisian halaman depan

Memuat pedoman penulisan nama, tempat tanggal lahir, nama orang tua atau wali, nomor induk siswa, nomor induk siswa nasional. Penulisan nama pemilik ijazah menggunakan huruf kapital sesuai dengan akte kelahiran yang sah.

Dilanjutkan dengan pengisian nomor peserta ujian yang terdiri atas 14 digit sesuai dengan nomor peserta yang tertera pada kartu tanda peserta ujian. Serta penulisan tanggal ijazah dan nama kepala sekolah yang dibubuhi dengan tanda tangan, menempelkan pasfoto siswa dan cap basah.

Petunjuk khusus pengisian halaman belakang

Memuat pedoman penulisan nama menggunakan huruf kapital sesuai dengan akte kelahiran. Penulisan nomor induk siswa dan nomor induk siswa nasional. Pengisian nilai rata-rata rapor, nilai ujian sekolah dengan rentan nilai 0 – 100 dengan satu desimal di belakang koma. Khusus untuk SD dan SDLB ditentukan oleh Dinas Pendidikan Provinsi atau Dinas Pendidikan
Kab/Kota masing-masing.

Petunjuk Teknis Penulisan Ijasah Tahun Pelajaran 2014/2015 dapat diunduh melalui link dibawah ini :

DOWNLOAD

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.